SMK Negeri 2 Depok Sleman

Jl. STM Pembangunan, Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY

SMART is my soul

Sosialisasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Industri dan Penyuluhan Bahaya Narkoba serta Literasi Digital

Sabtu, 13 April 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 101 Kali

SMK N 2 Depok Sleman mengadakan Sosialisasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Industri dan Penyuluhan Bahaya Narkoba serta Literasi Digital. Melihat saat ini industri semakin berkembang, SMK N 2 Depok ingin siswanya mengetahui bagaimana keadaan dalam industri. Bagaimana keberlangsungan kegiatan yang ada di industri dan hal-hal yang menyangkut tentang industri sendiri. Penyuluhan bahaya narkoba dilakukan karena untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi provinsi dengan penyalahgunaan narkoba No.1 di Indonesia. Dan untuk kegiatan literasi digital diadakan karena melihat keadaan sekarang dimana masyarakat kurang melek dengan informasi yang tersebar. Banyak orang yang tergiring hoax, kurang menyaring berita antara yang benar dan yang salah. 

Sosialisasi

Dalam kegiatan ini juga diadakan Sosialisasi Tata Tertib Siswa SMK N 2 Depok Sleman, agar siswanya selalu menginggat peraturan atau tata tertib yang berlaku di SMK N 2 Depok Sleman. Dan juga melihat banyak siswa Stembayo yang belakangan ini banyak melanggar peraturan yang ada di sekolah. Dengan narasumber Bapak Ambar Budi Santoso. Disampaikan juga untuk melatih atitude yang di SMK N 2 Depok Sleman oleh koordinator 6S (Tim Stembayo Smart) yaitu Nova Dwi Pamungkas. 

Dalam sosialisasi budaya industri / Sosialisasi Penerapan Prinsip-prinsip 5S/5R dalam Dunia Industri/Kerja dengan narasumber Bapak Anbier Rubby P.B.B.,ST. 5R sendiri adalah konsep atau metode yang digunakan dalam organisasi baik itu di dalam perusahaan, pabrik, atau kantor bahkan juga digunakan di sekolah untuk membangun budaya industri yang efektif, produktif, efisien, dan keselamatan. Untuk perbedaan 5S dan 5R sendiri adalah dari bahasa yang digunakan, 5R dari Bahasa Indonesia yang terdiri dari Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin. Sedangkan 5S dari Bahasa Jepang yang terdiri dari Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke, dimana memiliki arti yang sama.

Selanjutnya dalam kegiatan ini diadakan penyuluhan bahaya narkoba dan literasi digital dengan narasumber yaitu AKBP Sinungwati,SH.,M.I.P KASUBDIT BINTIBSOS DITBINMAS POLDA DIY. Dimana dalam penyuluhan bahaya narkoba dan literasi digital ini dilakukan di setiap sekolah yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam rangkaian acara ini diikuti aktif oleh siswa-siswi Stembayo kelas 11. Diharapkan siswa-siswi SMK N 2 Depok Sleman mampu memanfaatkan ilmu yang didapat dari kegiatan ini. 

Reporter : Endah Ayu Dwi Cahyani (11 KA A)

 

 

Berita

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Agus Waluyo, M.Eng.

Assalamualaikum wr wb. SMK Negeri 2 Depok Sleman sebagai salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan unggulan di wilayah Yogyakarta, memiliki…

Selengkapnya