Oh no! Where's the JavaScript?
Your Web browser does not have JavaScript enabled or does not support JavaScript. Please enable JavaScript on your Web browser to properly view this Web site, or upgrade to a Web browser that does support JavaScript.

Blog

7 Tip Mengelola Waktu Bagi Siswa SMK

A
admin Posted 2 months yang lalu
7 Tip Mengelola Waktu Bagi Siswa SMK 1. Catat dan amati keseharianmu sebagai remaja.
Catat dan perhatikan apa kegiatan kesehariaanmu ! Seberapa pentingnya berkumpul dengan teman-teman, saat ini? Berapa banyak waktu yang kamu gunakan untuk mengakses internet? Apakah kamu terbiasa belajar di perpustakaan agar lebih tenang? Apakah orang tua siap membantumu saat belajar atau kamu lebih banyak mengandalkan bantuan guru?

2. Prioritaskan kegiatan belajar dalam jadwal mingguan. Susun jadwal kegiatan harian, prioritaskan kegiatan belajar dan penyelesaian tugas-tugas lalu kegiatan ekstrakurikuler dan bersosialisasi. Teman-teman mungkin akan mengajakmu berkumpul di akhir pekan, tetapi mereka bisa mengerti setelah diberi tahu bahwa kamu harus belajar atau menyelesaikan tugas.

3. Catatlah tanggal acara sekolah, tenggat tugas, jadwal ujian, dan pengumpulan pekerjaan rumah. Dengan mencatat untuk mengingat akan hal-hal yang harus diprioritaskan, maka kamu bisa membuat urutan kegiatan mulai dari kegiatan yang primer (wajib) atau sekunder bahkan yang kategori hiburan. Alokasikan waktu untuk belajar dan melakukan semua aktivitas yang berkaitan dengan pendidikan sebelum menjadwalkan hal-hal yang lain, kemudian jadwalkan kegiatan ekstrakurikuler. Selanjutnya, jadwalkan kegiatan rutin sepulang sekolah, misalnya untuk mengerjakan hobi semisal berolahraga, membantu orang tua. dan tidak lupa hiburan, misalnya untuk bermain komputer atau berkumpul dengan teman-teman.

4. Gunakan pola hidup 5 - 9 Pola hidup 5 - 9 dengan cara membiasakan diri untuk pada jam 9 malam dan bangun pada jam 5 pagi hari. Tentu menyesuaikan bagi kamu yang harus bangun untuk sholat subuh tentunya. Kelebihan atau kekurangan tidur dari yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh akan berakibat membuatmu mengantuk saat belajar di sekolah atau badan terasa letih dan lesu, dengan membiasakan pola hidup 5 - 9, secara alami tubuh akan belajar untuk membuat ritme jam biologis waktu tidur dan bangun.

5. Sempatkan mandi sebelum berangkat sekolahIhhh... nggak banget kalau sampai berangkat sekolah tidak mandi. Malu kan ....Mandi di pagi hari merupakan aktivitas yang membuat tubuh menjadi rileks dan segar. Berikan pengharum tubuh yang jadi favorit kamu agar hari yang akan kamu lalui penuh gairah dan semangat.

6. Jagalah kesehatan. Jangan mengonsumsi makanan tidak bergizi meskipun jadwal kegiatanmu sangat padat. Makanlah buah-buahan dan sayur-sayuran setiap hari. Biasakan berolahraga minimal 30 menit per hari. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan mental, fisik, dan emosional. Sebelum berangkat sekolah jangan lupa untuk sarapan, karena otak kita akan bekerja keras selama sehari penuh. Apalagi pas pelajaran kejuruan, fisik prima menjadi tuntutan agar semua pekerjaan selesai.

7. Disiplin terhadap jadwal yang disusunSusunlah jadwal harian kamu sebaik mungkin, bingkai yang bagus dan letakkan ditempat yang mudah terlihat sehingga setiap saat kita dapat melihatnya. Kunci keberhasilan mengelola waktu adalah disiplin dan taat pada jadwal yang telah kamu susun sendiri.

Tentang admin

Saya adalah Super Administrator di laman ini. Saya bergabung di laman ini pada 09-10-2019. dan saya beralamat di Jl. STM Pembangunan Mrican CT Depok Sleman DIY