Oh no! Where's the JavaScript?
Your Web browser does not have JavaScript enabled or does not support JavaScript. Please enable JavaScript on your Web browser to properly view this Web site, or upgrade to a Web browser that does support JavaScript.

Ekpose dan Pengimbasan Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM

169 views

E
Oleh ekavicianto
22 Oktober 2019
Kategori Berita
Selasa, 22 Oktober 2019, diadakan kegiatan Ekspose dan Pengimbasan Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM di ruang Bima (Auditorium) SMKN 2 Depok Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Science, Technology, Engineering, Matematics (STEM) merupakan pembelajaran yang memanfaatkan kemampuan menemukan permasalahan di dunia nyata dan berpikir sebuah solusi untuk menyelesaikannya.

Kegiatan STEM yang diselenggarakan di lima sekolah di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, salah satunya di sekolah SMKN 2 Depok dalam proses pelaksanaannya  didampingi oleh P4TK BOE - Malang telah dilakukan mulai bulan April dan diakhiri dengan ekspose internal oleh semua kelompok peserta diklat STEM.
 
Pada kegiatan ekspose internal saat ini, beberapa hasil karya pembelajaran dengan metode STEM, antara lain:

1. Implementasi pada mata pelajaran kreatif dan kewirausahaan:
  • Alat Pembelah Durian
  • Alat Perontok Jagung
  • Alat Pemungut Sampah
  • Pengeras suara bluetooth
2.  Implementasi pada mata pelajaran pemrograman mikrokontroler dan mikroprosesor:
  • Relay Bluetooth
  • Printer 3D
  • Rumah Pintar

3.Implementasi pada mata pelajaran pemeliharaan dan perbaikan kelistrikan bodi dan aksesoris otomotif:
  • Simulator sistem wiper dan washer.

    4. Implementasi pada mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram:
  •  Panel Kendali Motor

Dalam sambutannya Kepala Sekolah (Drs. Agus Waluyo, M.Eng.), menyampaikan bahwa hasil pendidikan dan latihan pembelajaran menggunakan pendekatan STEM yang telah dilakukan oleh para peserta diklat di pandang perlu untuk disosialisasikan dan diimbaskan ke sekolah-sekolah lain di sekitar SMKN 2 Depok Sleman dengan harapan peserta didik memiliki kemampuan dalam menjawab tantangan di abad ke-21. Ciri peserta didik yang memiliki pemikiran kritis dan mampu menyelesaikan masalah, memiliki jiwa kreatif dan inovatif, komunikatif dalam menyampaikan ide dan menyampaikan gagasannya.


Galeri Berita

Image #15
Image #16
Image #17
Image #18

0 comments

Tuliskan komentar

Silahkan masuk (login) untuk mengirimkan komentar.
  • Tidak ada komentar yang telah dikirim.