Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dan Soal Berbasis Android
Dikirim oleh admin pada 04 Maret 2020 08:07:28
Guru profesional adalah guru yang tidak alergi terhadap perubahan. Sebagai agen perubahan, guru harus tanggap, menerima, dan arif dalam menyikapi setiap perubahan yang ada, termasuk perkembangan teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat telah mengubah banyak hal, tak terkecuali dalam bidang pendidikan.

Detail Berita
Guru harus berinovasi dan berkreasi untuk menciptakan metode, bahan ajar, dan media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi. Dengan begitu, pembelajaran di kelas akan semakin menarik, kreatif, peserta didik menjadi lebih aktif dan kritis. Apalagi, dalam proses pembelajaran harus mengimplementasikan adanya literasi (termasuk di dalamnya literasi digital) dan kecakapan abad 21 yang menuntut peseerta didik untuk kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif dengan tetap mengedepankan pendidikan karakter. Oleh karena itu, kreativitas dan inovasi seorang guru sangat diperlukan untuk bisa mengikuti perkembangan zaman yang semakin pesat.

Dalam rangka menyiapkan guru-guru yang kreatif dan inovatif tersebut, SMK Negeri 2 Depok menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Soal dan Media Pembelajaran Berbasis Android. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk melatih para guru menciptakan karya inovasi berupa media pembelajaran dan soal berbasis teknologi informasi yang dapat diakses pesera didik menggunakan telepon selulernya. Dengan demikian, pembelajaran dapat dilakukan secara interaktif kapan saja dan di mana saja.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan guru dalam pembelajaran dan pendidikan di sekolah, mengembangkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang berkualitas. Selain itu, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas guru untuk menciptakan dan mengembangkan media dan alat evaluasi yang menarik, kreatif, dan inovatif.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Kepala SMK Negeri 2 Depok, Bapak Dr. Agus waluyo, M.Eng. dan dihadiri oleh Kepala Seksi Layanan Pendidikan Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman, Bapak Drs. Aragani Mizan Zakaria, M.Pd. Dalam sambutannya Kepala Kasi Layanan Pendidikan berpesan agar guru-guru di SMK Negeri 2 Depok selalu meningkatkan profesionalitas dan kualitas kinerjannya.

Bertindak sebagai narasumber dalam Pelatihan Pembuatan Soal dan Media Pembelajaran Berbasis Android ini adalah Bapak Ridwan Abdullah, S.T. dari Balai Telekomunikasi Pendidikan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelatihan diikuti oleh 40 peserta, baik berasal dari guru produktif, normatif, maupun adaptif.

Pelatihan Pembuatan Soal dan Media Pembelajaran Berbasis Android yang bertempat di SMK negeri 2 Depok ini dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dimulai hari Senin, 2 Maret 2020 sampai dengan Rabu, 4 Maret 2020. Materi pada pelatihan tahap satu adalah pembuatan alat evaluasi berbasis android. Sementara itu, tahap kedua akan dilaksanakan mulai Rabu, 11 Maret sampai dengan Jumat, 13 Maret 2020 dengan materi pembuatan media pembelajaran dengan viseo scribe. Seluruh biaya dalam pelatihan ini menggunakan anggaran DIPA tahun anggaran 2020.
 
Kontributor : SDM - SMKN 2 Depok