Oh no! Where's the JavaScript?
Your Web browser does not have JavaScript enabled or does not support JavaScript. Please enable JavaScript on your Web browser to properly view this Web site, or upgrade to a Web browser that does support JavaScript.

Profil

STM Negeri Pembangunan Yogyakarta atau dikenal dengan singkatan STEMBAYO, diresmikan pada tanggal 29 Juni 1972 oleh Presiden Soeharto, dengan lima jurusan yaitu :
  1. Mesin Umum dan Konstruksi
  2. Listrik Arus Kuat dan Lemah
  3. Sipil Basah dan Bangunan
  4. Kimia Industri
  5. Geologi Tambang
Pada saat tahun ajaran baru di bulan Januari 1972, Kompleks Sekolah yang terletak di dukuh Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta, belum selesai secara sempurna baik dari bangunan fisik dan peralatan belajar, sehingga awal penerimaan siswa pertama tidak dilakukan di Kampus STM pembangunan Mrican, akan tetapi dilakukan di STM Negeri 1 Jetis .

Nama STEMBAYO tercetus pada tahun kedua sejak berdirinya sekolah yaitu tahun 1973. Untuk keperluan kegiatan ekstra kurikuler pada saat itu sekelompok siswa pecinta alam mendirikan perkumpulan Camille Papasektembayo (Putra Pecinta Alam STM Pembangunan Yogyakarta) yang selanjutnya secara lebih mudah mereka menyebut Pecinta Alam STEMBAYO. Nama ini diketahui oleh pengelola sekolah, sehingga istilah STEMBAYO lebih dikenal dan familiar untuk sebutan STM Pembangunan Yogyakarta hingga sekarang.

Bersamaan dengan tercetusnya nama STEMBAYO, diciptakan juga lagu Mars STM Pembangunan yang saat ini dikenal yang diciptakan oleh Sdr. (alm) Sudarto, SPd., alumni angkatan ke 2 (1973) STM Pembangunan Yogyakarta. Setelah terpilih dalam lomba cipta lagu mars STM Pembangunan yang diikuti oleh perwakilan STM Pembangunan seluruh Indonesia.

Pada tanggal 7 Maret 1997 dengan Keputusan Mendikbud No. 036/O/1997, nama sekolah ini berubah menjadi SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta. Masa pendidikan hampir sama dengan SMK pada umumnya yaitu jenjang pendidikan kelas 10, 11 dan 12 dengan sistem pendidikan serupa, dengan praktik kerja industri untuk memperoleh pengalaman kerja dilaksanakan pada tahun keempat atau di kelas 13.