Pemilu SMK N 2 Depok Sleman

Pemilu_PK_2019

Kamis, 3 Oktober 2019, SMK Negeri 2 Depok telah mengadakan pemilihan pengurus PK (perwakilan kelas) tahun 2019/2020 yang diikuti seluruh warga sekolah. PK merupakan organisasi di SMK Negeri 2 Depok, yang tugasnya untuk menjaring aspirasi para siswa dan merupakan organisasi siswa tertinggi yang ada di SMK Negeri 2 Depok.

Di dalam pemilihan ini terdapat 3 jabatan yang diperebutkan oleh para kandidat calon pengurus PK, yaitu ketua, sekretaris dan bendahara. Para calon kandidat ini berasal dari kelas 10 dan 11. Mereka telah melakukan orasi, pada Selasa, 1 Oktober 2019 kemarin. Orasi ini dilakukan untuk menggaet hati para siswa dan guru untuk memilih mereka. Para kandidat sebelumnya telah melakukan tes tertulis pada tanggal 3 September 2019, dilanjukan seleksi wawancara pada 14 September, orasi, dan terakhir pemilihan.

Tujuan dari pemilihan ini adalah untuk meregenerasi ke generasi selanjutnya, untuk mengajari siswa didik kelas 10 dan 11 menjadi perwakilan kelas. Selain itu, pemilu kali ini juga sebagai media demokrasi dengan asas luberjurdil (langsung, umum, bebas, jujur, adil, dan rahasia).

Pemilihan tahun ini dilakukan dengan online, yaitu pemilih memilih kandidat melalui laman web. Yang dimulai, dengan panggilan ke setiap kelas yang dilanjutkan dengan pemilihan di auditorium. Pemilihan ini, mendapatkan antusiasme yang terus meningkat tiap tahunnya.

Zhafran Huda Sena (XI TFLM B) telah terpilih menjadi ketua I PK tahun ajaran 2019/2020 dengan Marhaban Ady S. (XI GP B) sebagai ketua II, diikuti Irma Hanif S. (X KI A) sebagai sekretaris I, Novita Puspita S. (X GP B) sekretaris II, Ardian Bagas (XI TEDK) sebagai bendahara I dan Fitria Rahma (X SIJA A) sebagai bendahara II.

Harapan dari Naufal Shehan Hidayat, selaku Ketua II PK tahun 2018/2019, terhadap pengurus PK selanjutnya ialah PK kali ini harus lebih baik dari pengurus sebelumnya, lebih berinovasi, karena tidak seharusnya organisasi berjalan dengan monoton.