Bijak Dalam Bermedia Sosial

SMK N 2 DEPOK SLEMAN, pada hari Sabtu 5 Oktober 2019 telah melaksanakan kegiatan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) yang wajib diikuti oleh kelas 10  dan kelas 11. Sesuai dari nama kegiatan ini, tujuan dari diadakan PKK ini ialah untuk memperkuat karakter siswa SMK N 2 Depok Sleman. PPK kali ini mengambil tema : Sosialisasi Bijak Bermedia Sosilal dan Apresiasi Seni.

Bertempat di Masjid Mujahidin SMK Negeri 2 Depok, kegiatan  diawali dengan doa lalu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan oleh wakil kepala sekolah Ibu Dra. Hj. Habibah, M.Si.

Setelah sambutan, acara selanjutnya adalah acara inti yakni penyampaian materi. Materi pertama ini berisi tentang adab warganet bermartabat yang dibawakan oleh narasumber Verena Sri Wahyuningsih SH. M.Hum. Materi kedua disampaikan oleh Salentias Sri Wijayanti, beliau menyosialisasikan tentang Kebijakan dalam menggunakan media sosial. Acara diakhiri dengan penutup, dan ibadah oleh para siswa SMK N 2 Depok. Sebagai contoh bermedia sosial yang baik adalah sebelum memposting, kita perlu menerapkan THINK: yang terdir dari  T: true artinya apakah hal itu itu benar, H: helpful artinya apakah hal itu bermanfaat, I: sebagai inspiring yang artinya apakah berita itu dapat menginspirasi, N: necessary artinya apakah hal iu penting, dan K : kind artinya apakah berita itu sopan.

Contoh lainnya adalah dengan tidak menyebarkan berita yang belum pasti kebenarannya, dan lebih kritis dalam memilah informasi.