• SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN
  • SMART is my soul

Pengumuman PPDB SMK N 2 Depok Sleman TA 2019-2020

PENGUMUMAN
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020

Nomor : 421 / 0877a

Tahun Pelajaran 2019 / 2020 SMK Negeri 2 Depok (STM Pembangunan) Sleman Yogyakarta menerima Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru (PPDB) Kelas 10 dengan ketentuan :

I.   KETENTUAN UMUM

  1. Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dilakukan dengan proses entri memakai sistem basis data (database), seleksi dan hasil seleksi otomatis oleh komputer yang selanjutnya disebut PPDB Online melalui laman http://ppdb.jogjaprov.go.id
  2. Penerimaan calon peserta didik dilakukan melalui 3 (tiga) jalur :
    1. Jalur Zonasi, dengan kuota paling sedikit 90% (sembilan puluh persen) dari total jumlah peserta didik yang diterima;
    2. Jalur Prestasi, dengan kuota paling banyak 5% (lima persen) dari total jumlah peserta didik yang diterima;
    3. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali dengan kuota paling banyak 5% (lima persen) dari total jumlah peserta didik yang diterima;
  3. Jalur Zonasi untuk SMK Negeri diatur berdasarkan zonasi yang terbagi dalam zona 1 (calon peserta didik dalam DIY) dan zona 2 (calon peserta didik dari luar DIY);
  4. Penentuan zonasi didasarkan pada wilayah administrasi keluruhan/desa, domisili calon peserta didik dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum dalam Kartu Keluarga (KK) orang tua/wali yang diterbitkan paling singkat 1(satu) tahun sebelum pelaksanaan PPDB;
  5. Jalur Prestasi diperuntukkan bagi peserta didik yang memiliki nilai Ujian Nasional (UN), sekurang-kurangnya 320 (tiga ratus dua puluh);
  6. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali, diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berada di luar zonasi sekolah yang bersangkutan, berdasarkan perpindahan tugas dan/atau diikuti perpindahan domisili orang tua/wali dibuktikan dengan perpindahan Kartu Keluarga (KK) dan/atau Surat Penugasan dari instansi, lembaga, kantor atau perusahaan yang memperkerjakan, paling lama 3 (tiga) tahun terakhir sebelum pelaksanaan PPDB;

II.  SYARAT PENDAFTARAN

  1. Telah lulus SMP/MTs/Program paket B dan memiliki ijazah/STTB/SKYBS SMP/bentuk lain yang sederajat
  2. Usia setinggi-tingginya 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 15 Juli 2019 dan belum menikah;
  3. Memiliki Surat Hasil Ujian Nasional (SHUN) atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Surat Keterangan Yang Berpenghargaan Sama (SKYBS);

III.  TATA CARA PENDAFTARAN

        BAGI CALON PESERTA DIDIK DALAM DIY

  1. Calon peserta didik baru datang, berseragam sekolah asal (SMP/MTs) dan bersepatu;
  2. Melakukan verifikasi berkas untuk pengambilan TOKEN di SMK Negeri 2 Depok Sleman dengan menyerahkan:
  3. Surat Keterangan Lulus dari sekolah yang mencantumkan Nomor Peserta Ujian Nasional (ASLI), sebanyak  1 lembar
  4. FC KTP orang tua, FC Kartu Keluarga, FC Akta Kelahiran dan menunjukkan aslinya, sebanyak 1 lembar
  5. Surat rekomendasi keterangan tidak mampu dari Balai Dikmen Kabupaten/Kota setempat bagi pendaftar yang menggunakan SKTM, sebanyak 1 lembar
  6. Hasil tes khusus kejuruan dari Dokter Pemerintah, Puskesmas, Lab/Rumah Sakit (bila diperlukan), sebanyak 1 lembar
  7. Bagi calon peserta didik baru berkebutuhan khusus melampirkan hasil penilaian dari psikolog profesional atau lembaga yang berkompeten (bila diperlukan), sebanyak 1 lembar;
  8. Menerima lembar tanda bukti verifikasi akun yang mencantumkan TOKEN dari Panitia Sekolah;
  9. Melakukan aktivasi TOKEN melalui situs PPDB Online dengan alamat http://ppdb.jogjaprov.go.id dengan memasukkan nomor peserta UN dan TOKEN yang tertera pada lembar tanda bukti verifikasi akun untuk membuat kata sandi (password);
  10. Mendaftarkan diri secara daring (online) dengan cara :
  11. Melakukan “Login” menggunakan akun (nomor Ujian Nasional) dan kata sandi (password) yang telah dimiliki;
  12. Memilih SMKN;
  13. Mengisi formulir Pendaftaran Online;
  14. Mencetak “Tanda Bukti Pendaftaran Online” yang memuat nomor pendaftaran;
  15. Memantau perubahan (update) data pendaftaran peserta didik baru secara online;

        BAGI CALON PESERTA DIDIK LUAR DIY

  1. Calon peserta didik baru datang, berseragam sekolah asal ke Balai Dikmen Kabupaten/Kota, dengan alamat :
    1. Kota Yogyakarta, Jalan Sisingamangaraja Nomor  21 Yogyakarta
    2. Kabupaten Bantul, Jalan RA Kartini Nomor 38, Trirenggo, Bantul
    3. Kabupaten Kulon Progo, Jalan Bhayangkara Wates, Kulon Progo
    4. Kabupaten Gunungkidul, Jalan Pemuda Nomor 32, Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul
    5. Kabupaten Sleman, Komplek Youth Center (Wisma Persatuan Lt 2) Jln Kebonagung, Bolawen, Tlogoadi, Mlati, Sleman
  1. Melakukan verifikasi berkas untuk pengambilan TOKEN di Balai Dikmen Kabupaten/Kota dengan menyerahkan:
    1. Surat Keterangan Lulus dari sekolah yang mencantumkan Nomor Peserta Ujian Nasional;
    2. Fotocopy lembar Daftar Kolektif Hasil Ujian Nasional (DKHUN) yang di dalamnya terdapat nama dan nilai UN siswa yang bersangkutan dan dilegalisir oleh sekolah;
    3. Surat Keterangan penambahan nilai prestasi (asli) dilampiri foto copy sertifikat/surat penghargaan
    4. Prestasi yang telah dilegalisir (apabila memiliki prestasi kejuaraan minimal tingkat nasional);
    5. FC KTP orang tua, FC Kartu Keluarga, FC Akta Kelahiran dan menunjukkan aslinya;
    6. Surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi sekolah asal;
    7. Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit/Laboratorium Kesehatan; 
  2. Menerima lembar tanda bukti verifikasi akun yang mencantumkan TOKEN;
  3. Melakukan aktivasi TOKEN melalui situs PPDB Online dengan alamat http://ppdb.jogjaprov.go.id dengan memasukkan nomor peserta UN dan TOKEN yang tertera pada lembar tanda bukti verifikasi akun untuk membuat password;
  4. Mendaftarkan diri secara daring (online) dengan cara :
    1. Melakukan “Login” menggunakan akun (nomor Ujian Nasional) dan kata sandi (password) yang telah dimiliki;
    2. Memilih SMKN;
    3. Mengisi formulir Pendaftaran Online;
    4. Mencetak “Tanda Bukti Pendaftaran Online” yang memuat nomor pendaftaran;
  5. Memantau perubahan (update) data pendaftaran peserta didik baru secara online;

IV.  TATA CARA SELEKSI

  1. Seleksi dan penentuan urutan pada jalur Zonasi, didasarkan pada :
    1. tempat tinggal calon peserta didik baru sesuai dengan yang tercantum dalam Kartu Keluarga (KK) dengan ketentuan zonasi berdasarkan wilayah administrasi kelurahan/desa dari wilayah DIY dan/atau wilayah perbatasan Provinsi Jawa Tengah yang telah dikerjasamakan dengan Pemerintah Daerah DIY;
    2. nilai SHUN/SKHUN SMP/Madrasah Tsanawiyah atau bentuk lain yang sederajat ditambah nilai prestasi di bidang non akademik;
    3. calon peserta didik dalam satu Zonasi yang mendaftarkan lebih awal; dan
    4. pilihan kompetensi dan/atau pilihan sekolah calon peserta didik;
  2. Seleksi dan penentuan urutan pada jalur Prestasi didasarkan pada :
    1. Nilai SHUN/SKHUN SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat, ditambah prestasi di bidang non akademik;
    2. Prioritas pilihan;
    3. Pendaftar lebih awal. Dalam hal daya tampung Jalur Prestasi tidak terpenuhi, maka sisa daya tampung ditambahkan ke Jalur Zonasi.
  3. Seleksi dan penentuan urutan pada Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali didasarkan pada:
    1. Prioritas pilihan;
    2. Nilai Ujian Nasional (UN); dan
    3. Pendaftar lebih awal. Dalam hal daya tampung Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali tidak terpenuhi, maka sisa daya tampung ditambahkan ke Jalur Zonasi.

V.  JUMLAH PESERTA DIDIK YANG DITERIMA

No

Program Keahlian

Kompetensi Keahlian

Lama Pendidikan

Jumlah Rombel

Jumlah Siswa

1

Teknik Konstruksi dan Properti

Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan

4 Tahun

1

36

2

Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

3 Tahun

1

36

3

Teknik Ketenaga Listrikan

Teknik Otomasi Industri

4 Tahun

2

72

4

Teknik Mesin

Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur

4 Tahun

2

72

5

Teknik Kimia

Kimia Industri 

3 Tahun

2

72

6

Kimia Analisis 

4 Tahun

2

72

7

Teknik Otomotif

Teknik dan Manajemen Perawatan Otomotif

4 Tahun

1

36

8

Teknik Bodi Otomotif

3 Tahun

1

36

9

Teknik Elektronika

Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi

4 Tahun

2

72

10

Teknik Perminyakan

Teknik Pengolahan Minyak Gas dan Petrokimia

3 Tahun

1

36

11

Geologi Pertambangan

Geologi Pertambangan

4 Tahun

2

72

12

Teknik Komputer dan Informatika

Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi

4 Tahun

2

72

Jumlah

19

684

VI.  PEMILIHAN SEKOLAH DAN PAKET KEAHLIAN

  1. Calon peserta didik baru mencermati informasi dan tata cara penerimaan peserta didik baru pilihan Sekolah Reguler;
  2. Calon peserta didik baru dapat melakukan pilihan maksimal 3 (tiga) kompetensi keahlian, bisa dalam 1 (satu) sekolah atau sekolah berbeda sesuai dengan daya tampung yang tersedia di masing-masing sekolah;
  3. Calon peserta didk baru dapat melakukan perubahan pilihan kompetensi keahlian/sekolah sampai 1 (satu) hari sebelum tanggal penutupan pendaftaran pukul 23.59 WIB;
  4. Calon peserta didik dinyatakan undur diri dari proses pendaftaran PPDB online, apabila melakukan permintaan pencabutan berkas beserta kelengkapannya sebelum pengumuman;

VII. PENAMBAHAN NILAI PRESTASI

  1. Calon Peserta Didik yang memiliki prestasi non akademik di bidang olahraga/ seni/ sain/penelitian/kreativitas dan minat mata pelajaran perorangan maupun beregu, diberikan penghargaan dalam bentuk penambahan nilai yang diperhitungkan dalam penentuan peringkat PPDB;
  2. Penambahan nilai prestasi diakui, setelah mendapatkan rekomendasi dan legalisasi dari Dinas Kab/Kota, Dinas DIY, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan/atau Induk Organisasi Olahraga yang besifat kompetitif dan non kompetitif;
  3. Penambahan nilai prestasi Penambahan nilai bagi calon peserta didik lulusan SMP/bentuk lain yang sederajat dari dalam DIY berlaku untuk prestasi minimal Juara III tingkat Kabupaten/Kota dan
  4. Penambahan nilai bagi calon peserta didik lulusan SMP/bentuk lain yang sederajat dari luar DIY berlaku untuk prestasi minimal Juara III tingkat Nasional;
  5. Proses pengajuan penambahan nilai prestasi dengan menyerahkan foto copy sertifikat/surat keterangan kejuaraan/penghargaan yang telah dilegalisir dan menunjukkan aslinya ke Panitia DIY di Dinas Dikpora DIY Jalan Cendana 9 Yogyakarta

VIII. JADWAL PELAKSANAAN

No

Kegiatan

Tanggal

Keterangan

1

Pengurusan penambahan nilai prestasi non akademik (bagi yang memiliki dan memilih Jalur Prestasi )

Selasa, Rabu dan  Jum’at,

27, 28 dan 29 Mei 2019 (pada jam kerja)

Dinas Dikpora DIY Jalan Cendana 9 Yk

2

Pengurusan rekomendasi perpindahan tugas orangtua (Khusus Jalur Perpindahan Tugas Orangtua/Wali)

3

Pengurusan rekomendasi dan entri bukti dari keluarga tidak mampu (Khusus Jalur Zonasi)

Selasa, Rabu dan  Jum’at,

27, 28 dan 29 Mei 2019 (pada jam kerja)

Tempat di masing-masing

Balai Dikmen Kab/Kota setempat

4

Verifikasi berkas dan pengambilan PIN/TOKEN

Kamis, Jum’at,  Senin dan Selasa,

20, 21, 24 dan 25 Juni 2019

(jam 08.00 s.d. 14.30 WIB)

SMK Negeri 2 Depok Sleman

Jl. STM Pembangunan, Mrican, Carurtunggal, Depok, Sleman, DIY

5

Pendaftaran

Senin s.d. Rabu,

24 s.d. 26 Juni 2019

 

Hari terakhir sampai dengan jam 16.00 WIB

Melalui laman http://ppdb.jogjaprov.go.id  

6

Seleksi

Senin s.d. Rabu,

24 s.d. 26 Juni 2019

Oleh sistem melalui laman http://ppdb.jogjaprov.go.id  

7

Pengumuman

Jumat, 28 Juni 2019

 

(pukul 10.00 WIB)

SMK Negeri 2 Depok Sleman

Jl. STM Pembangunan, Mrican, Carurtunggal, Depok, Sleman, DIY

8

Pencatatan Kembali  (Daftar Ulang)

Jumat, 28 Juni 2019

(jam 10.00 s.d. 14.00 WIB)

 

Senin s.d. Rabu,

1, 2 dan 3 Juli 2019

(jam 08.00 s.d. 14.30 WIB)

IX.  BIAYA PENDAFTARAN

Biaya pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dibebankan pada sekolah tahun anggaran 2019, sehingga calon peserta didik baru selama proses penerimaan TIDAK DIPUNGUT BIAYA.

X. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI DAN PENCATATAN KEMBALI

  1. Pengumuman hasil seleksi secara terbuka dilakukan melalui Pengumuman di sekolah;
  2. Calon peserta didik baru yang dinyatakan lolos seleksi diharuskan mencatatkan kembali/daftar ulang di tempat pendaftaran dengan membawa TANDA BUKTI VERIFIKASI PENDAFTARAN dan kelengkapan berkas sebagai berikut :
    1. fotocopy SKHUN legalisir, sebanyak 4 lembar
    2. fotocopy ijazah legalisir, sebanyak 4 lembar
    3. pas photo hitam putih ukuran 3 x 4, sebanyak 4 lembar
  3. Bila tidak mendaftarkan kembali dalam waktu yang ditentukan yang bersangkutan dinyatakan mengundurkan diri;
  4. Calon peserta didik yang lolos seleksi WAJIB HADIR dan masuk hari pertama tahun ajaran 2019/2020, tanggal 15 Juli 2019 pukul 07.00 WIB di SMK Negeri 2 Depok Sleman;

XI. KETENTUAN TAMBAHAN

Ketentuan tersebut diatas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan Dinas DIY.

Sleman, 10 Juni 2019

Kepala Sekolah,

 

 ttd.

 

Drs. AGUS WALUYO, M.Eng.
Pembina IV/a
NIP. 19651227 199412 1 002

 

Pengumuman ini dapat diunduh di menu unduhan > pengumuman

Komentari Tulisan Ini