DIKLAT KBPL SMKN 2 DEPOK TAHUN 2024

Diklat KBPL (Kepribadian Berbudi Pekerti Luhur) yang dilaksanakan pada Sabtu, 27 Januari hingga hari Minggu, 28 Januari 2024 oleh siswa-siswi SMK Negeri 2 Depok Sleman. Diklat KBPL ini ditujukan untuk melatih dan mendidik siswa-siswi kelas 10 yang mengikuti ekstra PMR dan GIANTS yang ada di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Kegiatan ini dipanitiai oleh seluruh anggota sekbid KBPL kelas sebelas dan dua belas. Acara ini juga berkerja sama dengan Tim Tata Tertib Siswa Stembayo (TASIS) dan juga dengan Humas Tik (HUMTIK). Berbagai rangkaian acara yang dimulai dari hari sabtu pagi pukul 07.00 hingga minggu pukul 11.00 terlaksana dengan lancar dan baik. DIKLAT KBPL 2024 ini sekaligus sebagai pelantikan dan penerimaan anggota baru KBPL SMK Negeri 2 Depok.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Ketua Panitia, Fathan Raffi Ahmad Stiawan, lalu dilanjut dengan sambutan oleh Ketua Osis SMK Negeri 2 Depok Sleman, Alifsya Azzahra Putri Khoirunisa. Sambutan terakhir sekaligus sebagai pembuka acara oleh Bapak Dodot Yuliantoro, S.Pd., M.T. selaku Kepala SMK Negeri 2 Depok yang baru. Bapak Dodot Yuliantoro, S.Pd., M.T. mengatakan, “Kegiatan berbudi pekerti luhur tidak hanya menyangkut ke-2 ekstrakulikuler PMR dan GIANTS, di Yogyakarta ada nama keilmuan pendidikan khas ke-Jogjaan tidak lepas dari berbudi pekerti luhur. Orang yang hebat dinilai dari orang di tengah-tengahnya.”

Acara selanjutnya adalah penyampaian materi tentang Narkotika oleh Ibu Rinda Ratna Juwita dan materi Pertolongan Pertama oleh Bapak Sarjuri, kemudian dilanjut dengan diklat untuk kelas 10. 

Pukul 20.00, acara api unggun dilakukan di dalam Ruang Auditorium SMK Negeri 2 Depok Sleman dikarenakan kondisi di luar yang tidak memungkinkan untuk diadakan api unggun. Tidak kehabisan akal, seluruh panitia mencari ide dan terlaksanalah acara api unggun di Ruang Auditorium SMK Negeri 2 Depok dengan nama Lilin Unggun. “Kalian hebat dan kreatif, saya apresiasi”, ujar Ibu Rumini selaku Pembina Sekbid Kepribadian Berbudi Pekerti Luhur (KBPL). 

Untuk kegiatan di pagi harinya, diadakan kegiatan Outbound untuk bersenang-senang, menambah teman, dan merekatkan tali keakraban antar teman seangkatan maupun kakak kelas. Ada beberapa lomba yang ada di kegiatan outbound. Seperti Estafet Tepung, Estafet Air, Rangkak Jaring, dan Duri Naga. Seluruh peserta outbound diberi kesempatan untuk ikut serta ke semua lomba tersebut. Dari kegiatan outbound peserta dibagi menjadi 8 kelompok yang beranggotakan 7-8 orang setiap kelompok. Kegiatan outbound berlangsung dari pukul 07.00-09.00 WIB atau sekitar 2 jam. Setelah seluruh peserta mengikuti serangkaian acara outbound, peserta diarahkan ke bagian Selatan lapangan untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya yaitu pelantikan.

Pelantikan diawali dengan sambutan dari ibu Ratna Widyaningsih, S.Psi. selaku pembina osis, kemudian diisi oleh ibu Rumini, S.Pd., M.Or. selaku pembina KBPL yang memberikan ucapan selamat datang kepada anggota baru KBPL yang mengikuti diklat. Setelah rangkaian sambutan telah usai dilanjutkan dengan acara pelantikan. Acara ini diawali dengan penyiraman air teh sebagai tradisi turun temurun kemudian peserta diarahkan untuk mencium bendera KBPL,PMR dan GIANTS sebagai simbol untuk selalu menjaga nama baik bersama dan berjanji mencintai KBPL, PMR dan GIANTS selalu, setelah itu peserta mendapatkan pin KBPL sebagai simbol bergabungnya menjadi anggota baru KBPL.

Setelah acara pelantikan selesai ada sesi acara pembagian hadiah untuk kelompok yang menang di acara outbound tadi, juara ke 3 diraih oleh kelompok tujuh untuk juara ke 2 diraih oleh kelompok dua dan untuk juara ke 1 diraih oleh kelompok satu. Acara selanjutnya ditutup dengan foto bersama seluruh peserta, panitia, alumni, dan pembina OSIS maupun pembina KBPL. (KBPL)

Sebar info ini