PELATIHAN JURNALISTIK DI SMKN 2 DEPOK SLEMAN

Dalam rangka pendidikan dan pelatihan ekstrakurikuler jurnalistik di SMKN 2 Depok Sleman, ekstrakurikuler jurnalistik yang dinaungi oleh Organisasi Siswa Intera Sekolah Seksi Bidang Berbahasa Penerapan Pengetahuan dan Kesastraan (BPPK) melangsungkan pelatihan jurnalistik bersama seorang narasumber yang cukup ternama, Risa Karmida, M.A.

Pelatihan ini dilaksanakan pada Selasa, 23 Mei 2023 di ruang Yudhistira SMKN 2 Depok Sleman. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Jurnalistik Stembayo ini diikuti oleh seluruh pengurus OSIS Seksi Bidang BPPK dan perwakilan kelas.

Risa Karmida, M.A. yang menjadi pemateri dalam acara tersebut mengusung materi dengan judul “Penulisan Naskah & Reportase Berita”. Dalam presentasinya, beliau menerangkan mengenai konsep dasar penulisan berita. Tidak hanya kepenulisan berita, Risa Karmida memaparkan penjelasannya bab Teknik parafrase, story telling, Teknik wawancara, dan Teknik pelaporan.

Risa Karmida menuturkan bahwa pelajar SMK pun perlu untuk mempelajari ilmu jurnalistik. “Pelajar SMK tapi belajar jurnalistik? Boleh banget dong, siapa tahu itu malah bisa jadi jalan kalian untuk sukses,” ucap Risa.

Dengan dilaksanakannya pelatihan jurnalistik ini, diharapkan siswa-siswi SMKN 2 Depok Sleman dapat memperoleh ilmu baru berkaitan dengan jurnalistik. Ratih, salah satu pengurus OSIS Seksi Bidang BPPK menguraikan pendapatnya. “Kedepannya setelah diadakannya acara ini, semoga bisa memotivasi siswa-siswi Stembayo untuk mengambil pelajaran dari kegiatan Diklat jurnalistik ini,” paparnya. (Yoga Ibnu)

 

Sebar info ini