SERTIFIKASI KOMPETENSI JURU GAMBAR BANGUNAN & PELAKSANA LAPANGAN TAHUN 2024

Kementerian PUPR melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya menyelenggarakan Uji Sertifikasi Juru Gambar Bangunan Gedung Level 2 dan Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung pada tanggal 19-21 Maret 2024 di SMK Negeri 2 Depok selama 3 hari dengan total jumlah peserta 66 siswa. Kegiatan ini diikuti oleh siswa Kelas 13 KGSP, Kelas 12 DPIB A, dan Kelas 12 DPIBB  Tahun Pelajaran 2023/2024. 

Pembekalan dilakukan 2 hari, dan 1 hari uji Sertifikasi pada hari Kamis 21 Maret 2024. Hadir pada acara Kegiatan Pembukaan Kepala BJKW IV Surabaya Bp. Ismail Abdul Muttalib, S.T., M.T., Kepala Seksi Pelaksanaan Ibu Amanda Devianty, S.T., M.Tech, Kepala Seksi Pembinaan Jasa Konstruksi DPUPKP Kab Sleman Bp. Fajar Waskito, S.T., M.Eng., Kepala SMKN 2 Depok, Bp. Dodot Yuliantoro, S.Pd., M.T dan Petugas Pelaksana Kegiatan Ibu Nurhayati, A.Md., dan Bp. Yanto, ST., WKS 4 Humas Ibu Sulastri, M.Pd., Kasi Ketenagaan Ibu Sri Wahjuni Pudjiastuti, S.Pd., Ketua Program Keahlian DPIB & KGSP Bp. Ir. Darmawan, S.Pd.T., M.T., Sekretaris PK Ibu Wahyu PW., S.Pd., M.Pd., Bp. Drs. H.Suhadi, Bp. Raden Supramana Aji, S.Pd., M.T., Ibu Fajariyanti, S.Pd.T., dan Ibu Khairu Harjanti, S.Pd. sebagai MC Kegiatan Pembukaan, serta dihadiri Mahasiswa dari UTM Malaysia Nur Arif Ashraf Bin Mohd Adib, Natasha Hafizwani Binti Halmi, Muhammad Haqim Bin Samsul, dan Mohamad Ammarul Hasif Bin Mohd Zaim.

Acara pembukaan kegiatan berlangsung di ruang Nakula Sadewa, dipimpin oleh MC Ibu Khairu Harjanti, S.Pd., menyampaikan agar acara berlangsung dengan khidmat, para peserta agar mengikuti dengan tertib dengan laptop dimatikan, agar bisa fokus pada acara kegiatan. MC menyampaikan kegiatan acara Pembukaan akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal peserta bisa mengikuti dengan baik. Bu Janti juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panitia Pelaksana Balai Jasa Konstruksi IV Surabaya atas bantuannya dan perhatiannya sehingga kegiatan Sertifikasi SKK di SMKN 2 Depok, Sleman, bisa berjalan dengan lancar. Setelah dengan pembukaan dan dilanjutkan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan penyampaian safety induction Bp Ir. Darmawan, S.Pd.T., M.T. Safety induction adalah proses penyampaian informasi dan pengetahuan mengenai keamanan dan kesehatan kerja kepada yang hadir di ruang Nakula Sadewa. Tujuan dari safety induction adalah untuk memastikan bahwa peserta kegiatan memahami dan mengikuti prosedur keamanan yang telah ditetapkan untuk mencegah kecelakaan, cedera, atau bahaya lainnya yang mungkin terjadi selama kegiatan. Dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia Kegiatan oleh Bp. Yanto, S.T. melaporkan jumlah peserta Sertifikasi Juru Gambar Bangunan Gedung ada 36 siswa dari kelas 12 Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) dan 30 peserta Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung dari kelas 13 Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan (KGSP). Berkas Peserta sudah lengkap dan siap untuk mengikuti kegiatan Sertifikasi SKK Juru Gambar Bangunan Gedung dan SKK Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung.

Dilanjutkan dengan Sambutan Kepala BJKW IV/Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV  Bp.  Ismail Abdul Muttalib, S.T., M.T. menyebutkan harapannya agar peserta dapat mengikuti ujian ini dengan baik dan bersungguh-sungguh agar mendapatkan sertifikasi yang nantinya akan digunakan saat bekerja di industri. Dilanjutkan Sambutan Kepala Seksi Pembinaan Jasa Konstruksi DPUPKP Kab Sleman Bp. Fajar Waskito, S.T., M.Eng. menyampaikan sertifikasi SKK sangat penting dilaksanakan, dan bagi penduduk Kabupaten Sleman yang menginginkan Sertifikasi SKK dengan free biaya, bisa melihat di web DPUPKP Kab Sleman. Kegiatan sertifikasi SKK di Kabupaten Sleman sudah rutin dilaksanakan setiap tahun dengan sumber dana APBD Sleman.

Sambutan dan arahan sekaligus membuka kegiatan disampaikan Kepala SMKN 2 Depok, Bp. Dodot Yuliantoro, S.Pd., M.T., menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dari BJKW IV Surabaya  sehingga dapat terlaksana Sertifikasi SKK Juru Gambar Bangunan Gedung dan Pelaksana Lapangan Pekerjaan, dan berharap kegiatan mendatang kegiatan serupa agar selalu dilaksanakan di SMKN 2 Depok. Kepada peserta sertifikasi SKK, berpesan agar bisa mengikuti kegiatan mulai dari pembekalan sampai Uji Sertifikasi SKK dengan baik dan mendapatkan predikat Kompeten. Kepada segenap tamu undangan memohon maaf jika dalam memberikan layanan belum memuaskan. Acara dilanjutkan dengan Penyematan peserta kegiatan sertifikasi SKK  Juru Gambar Bangunan Gedung dan Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung diberikan kepada Priyo Adi Wijaya perwakilan dari siswa KGSP, dan Cinta Sacianova perwakilan dari siswa DPIB. (tgb)

 

Sebar info ini