SMKN 2 DEPOK GELAR PELATIHAN INTERNALISASI KEISTIMEWAAN YOGYAKARTA

Membumikan keistimewaan Yogyakarta, utamanya membudayakan penggunaan busana tradisional Jawa gagrag Ngayogyakarta dan pembiasaan perilaku Jawa di lingkungan sekolah menjadi hal yang penting untuk dilaksanakan. Sejalan dengan hal itu, SMKN 2 Depok Sleman menginisiasi kegiatan pelatihan Internalisasi Keistimewaan Yogyakarta bagi guru, staf dan karyawan pada tanggal 13-14 Desember 2022 di ruang Bima. 

Pada hari pertama, materi disampaikan oleh KMT. Yudawijaya (Mas Bimo) yang memberikan pemahaman kepada warga sekolah terkait dengan sejarah, warisan budaya dan kesenian yang ada di Yogyakarta. Selain itu, juga dijelaskan tentang prinsip hidup orang Jogja yang menjadi bagian cikal bakal dasar negara: sangkan paraning dumadi, yang berarti bahwa setiap yang bernyawa kelak akan menghadap Tuhan Yang Maha Esa; Hamemayu hayuning bawana, memiliki arti bahwa manusia memiliki tanggungjawab untuk menjaga dan melindungi alam semesta; manunggaling kawula Gusti, berarti bahwa sebagai rakyat seyogyanya patuh dan taat pada pemimpinnya.

Selanjutnya, pelatihan dilaksanakan pada hari kedua dipandu oleh KMT. Tirtowijoyo dengan materi busana Jawa gagrag Ngayogyakarta. Kegiatan ini mengajak peserta pelatihan untuk praktek mewiru jarik dan mengenakan busana Jawa gagrag Ngayogyakarta, sehingga diharapkan pada hari Kemis Pahing, warga sekolah mengenakan busana Jawa yang sesuai dengan pakem Ngayogyakarta. 

Sebar info ini