WORKSHOP SMK PPK-BLUD DI SMKN 2 DEPOK SLEMAN

BLUD SMK adalah Unit Kerja pada satuan kerja perangkat daerah di lingkungan pemerintah daerah provinsi yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama peserta didik, berupa penyediaan barang dan/ atau jasa tanpa mengutamakan mencari keuntungan.

SMKN 2 Depok terpilih menjadi salah satu BLUD SMK di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang akan direalisasikan mulai bulan Januari tahun 2024. Pada tanggal 21-23 November 2023 SMKN 2 Depok menyelenggarakan Workshop SMK PPK-BLUD di ruang Nakula Sadewa. Kegiatan tersebut dilaksanakan guna memberikan sosialisasi tentang implementasi BLUD SMK di SMKN 2 Depok.

Hari pertama, kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Ketut Ima Ismara, M.Pd., M.Kes., asct Prof. (dosen fakultas teknik Universitas Negeri Yogyakarta) sebagai pemateri yang menyampaikan tentang Growth BLUD SMKN Set. Dr. Ima Ismara menekankan bahwa hadirnya BLUD menjadi wadah untuk mencetak generasi muda berwirausaha. Pembelajaran praktek yang biasanya hanya menghabiskan bahan lalu menjadi limbah, nantinya dituntut bisa menghasilkan produk yang bernilai jual.

Selanjutnya kegiatan hari kedua yaitu studi tiru dari SMKN 1 Sewon yang sudah menerapkan BLUD SMK lebih awal. Materi disampaikan oleh Widada Supriyadi (Kepala Sekolah SMKN 1 Sewon), yang memaparkan tentang tata kelola BLUD di SMKN 1 Sewon.

Kegiatan hari ketiga yaitu pengarahan dari Tim BKAD Propinsi DIY tentang tata kelola dan kinerja BLUD. Materi lebih menekankan pada teknis laporan keuangan BLUD dan jobdesk tim BLUD. (Win)

Sebar info ini