Ayo menghitung Nilai Gabungan pada PPDB !

By admin 16 Jun 2022, 14:55:15 WIB Umum
Ayo menghitung Nilai Gabungan pada PPDB !

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022-2023 telah tiba. Para peserta didik saling berlomba  menentukan sekolah mana yang menjadi tujuan untuk mendaftar sesuai dengan harapan dan cita-cita. Salah satu yang membuat resah dan gelisah adalah cara menghitung nilai gabungan.

Ayo, bersama-sama mimin kita pahami apa itu nilai gabungan dan bagaimana cara menghitungnya !!

Apa itu nilai gabungan ?

Nilai Gabungan adalah jumlah rata-rata nilai hasil penghitungan rapor mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA dari peserta didik SMP/MTs semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) diberikan bobot 40% (empat puluh persen), ditambah jumlah nilai asesmen standarisasi pendidikan daerah (ASPD) diberikan bobot 55% (lima puluh lima persen) ditambah nilai akreditasi sekolah dikalikan 4 (empat) diberikan bobot 5% (lima persen).

atau rumusnya kira-kira begini !!

 

Bagaimana cara menghitungnya ?

Sebelum menghitung persiapan dulu data-data yang ada.

  • Nilai Raport SMP pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA Pengetahuan mulai dari semeseter 1 (satu) sampai 5 (lima).
  • Nilai ASPD, atau Nilai Assesment Penilaian Daerah, adalah nilai yang didapatkan saat masih di kelas IX atau ikut yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Dikpora DIY.
  • Nilai Index atau Nilai Akreditasi Sekolah, nilai ini didapatkan dari tabel yang dikeluarkan Dinas Pendidikan setempat atau bisa bertanya ke bapak/ibu Guru di SMP/MTs.

 

Nah, kalau sudah lengkap kita mulai hitung !!

Mudahkan !!
Semoga calon peserta didik baru dapat diterima di sekolah yang diinginkan. Aamiinn.

 

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment