KUNJUNGAN DAN WORKSHOP BUDAYA KERJA SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN BERSAMA PT. SCHNEIDER ELECTRIC INDONES

By Winarni, S.Pd. 08 Okt 2022, 17:04:56 WIB Pelatihan
KUNJUNGAN DAN WORKSHOP BUDAYA KERJA SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN BERSAMA PT. SCHNEIDER ELECTRIC INDONES

SMK Negeri 2 Depok Sleman terus melakukan upaya dalam meningkatkan karakter bagi siswa siswinya dengan melaksanakan program-program yang sejalan dengan program SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan, salah satunya dengan menguatkan Budaya Kerja. Pada kesempatan spesial kali ini, narasumber yang hadir adalah dari PT. Schneider Electric Indonesia – Cikarang Plant, yaitu Bapak Joko Sutopo (Direktur Schneider Electric – Cikarang Plant), Bapak Sumarno (Operation Trainer Schneider Electric – Cikarang Plant), Ibu Christiana Trovia (GA Schneider Electric – Cikarang Plant), dan Ibu Siti Nurmazidah (HR Schneider Electric – Cikarang Plant). Sebelumnya, SMK Negeri 2 Depok Sleman sudah cukup aktif dalam mengikuti setiap kegiatan yang diadakan PT. Schneider Electric, seperti webinar maupun kompetisi elektrikal.

Bapak Joko Sutopo selaku narasumber utama menyampaikan bagaimana pentingnya menyiapkan masa depan dengan membangun sebuah branding yang kuat. Kedisplinan juga menjadi hal yang sangat perlu diperkuat, karena di dunia industri seluruh karyawan harus mengikuti aturan yang telah disepakati. “Kalau dalam satu tim terdapat 4 anggota, kemudian 1 orang terlambat atau bekerja malas-malasan, maka pekerjaan tim tersebut akan kacau”, kata Bapak Joko Sutopo.

Selain itu, Bapak Joko Sutopo juga menyampaikan bahwa ada 3 pilar penting untuk meraih kesuksesan, yaitu IQ, EQ, dan SQ. Ketiga pilar tersebut harus saling menguatkan, untuk seseorang dapat meraih kesuksesan. Attitude atau sikap menjadi poin penting yang menjadi kunci seseorang dapat meraih sukses.

Selain kegiatan workshop, tim dari PT. Schneider Electric Indonesia juga melakukan kunjungan ke Bengkel Center of Excellence (CoE) Teknik Otomasi Industri. Pada tahun 2020 lalu Program Keahlian Teknik Otomasi Industri SMK Negeri 2 Depok Sleman terpilih menjadi salah satu CoE. Bapak Joko Sutopo juga menyampaikan bahwa kita harus bisa memanfaatkan segala apa yang kita miliki, seperti misalnya air bekas wudhu digunakan untuk menyirami tanaman, atau kolam ikan, atau ketika hari sudah siang, maka semua lampu outdoor harus mati, dengan begitu kita akan bisa berhemat energi dan akan tercipta Sustainable Energy.

Pihak sekolah sangat berterima kasih atas kunjungan serta sharing yang telah diberikan, harapannya SMK Negeri 2 Depok Sleman dapat terus berinovasi dan meningkatkan kualitasnya sehingga mampu menghasilkan lulusan yang siap bersaing secara global. (Utsman)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment