Peringatan Iduladha 1443 H di SMK Negeri 2 Depok Sleman

By Winarni, S.Pd. 13 Jul 2022, 08:41:25 WIB Umum
Peringatan Iduladha 1443 H di SMK Negeri 2 Depok Sleman

Dalam rangka memperingati hari raya Iduladha 1443 H, Remais Mujahidin SMK Negeri 2 Depok Sleman menyelenggarakan 2 kegiatan, yaitu Salat Id dan Kurban dengan tema “SMKQ (Semangat Mencari Keberkahan Qurban)”.

Kegiatan salat Id dilaksanakan pada hari Ahad, 10 Juli 2022 di Lapangan Sepak Bola SMK Negeri 2 Depok yang diikuti oleh masyarakat sekitar, siswa kelas 11, dan 12, serta guru dan karyawan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. Salat Id diimami oleh Ustaz Masdari, A.Md. dari Dewan Pendidikan Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Salat dimulai pukul 07.00—07.40 dan alhamdullilah dilaksanakan dengan khidmat. 

Kegiatan kedua, yaitu kurban yang dilaksanakan pada hari Senin, 11 Juli 2022 di Lapangan Voli SMK Negeri 2 Depok. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih keikhlasan serta menumbuhkan kesadaran dan semangat umat muslim SMK Negeri 2 Depok Sleman untuk berkurban kepada Allah SWT. Jumlah hewan kurban pada tahun ini adalah 1 (satu) ekor sapi dan 7 (tujuh) ekor kambing. Dari hewan kurban tersebut, sekolah hanya menyembelih sapi dan membagikan 300 paket daging kurban kepada siswa/siswi muslim yang membutuhkan, guru/karyawan, dan  panitia Iduladha. Tujuh ekor kambing dibagikan ke masjid-masjid sekitar sekolah dan pondok pesantren untuk disembelih di sana.

Kegiatan diawali dengan pemotongan hewan kurban yang disaksikan langsung oleh kepala sekolah SMKN 2 Depok, guru, karyawan, dan siswa-siswi. Daging kurban yang dipotong kemudian dikemasi untuk dibagikan. Jumlah daging yang didapat dari 1 (satu) ekor sapi adalah 283,5 kg. Kegiatan kurban diakhiri dengan makan bersama panitia Iduladha 1443 H. Panitia sangat antusias mengikuti kegiatan ini, di antaranya guru/karyawan serta anggota Remais Mujahidin yang membantu mulai dari awal penyembelihan sampai pembagian.

Kelancaran kegiatan Peringatan Iduladha ini merupakan partisipasi dan inisiatif dari, anggota Remais Mujahidin, kepala sekolah, guru, dan karyawan SMK Negeri 2 Depok. "Kami mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah, guru, dan karyawan, serta panitia Iduladha yang telah menyukseskan kegiatan Peringatan Iduladha 1443 H. Semoga niat dan doa kita diijabah oleh Allah SWT," Ungkap Sigit selaku anggota Remais Mujaihidin SMK Negeri 2 Depok Sleman. 

Dari adanya kegiatan ini, semoga menjadikan kita selalu belajar ikhlas dan bersyukur untuk berjuang di jalan Allah SWT. Semoga kelak kita akan diberikan kebaikan, baik di dunia maupun akhirat. (Nada)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment