PERINGATI HARI PALANG MERAH INDONESIA, KBPL STEMBAYO ADAKAN SEMINAR KEPALANGMERAHAN

By Winarni, S.Pd. 21 Sep 2022, 21:04:03 WIB Kegiatan Siswa
PERINGATI HARI PALANG MERAH INDONESIA, KBPL STEMBAYO ADAKAN SEMINAR KEPALANGMERAHAN

Sleman - Sebagai bentuk peringatan Hari Palang Merah Indonesia 2022, Seksi Bidang Kepribadian Berbudi Pekerti Luhur (KBPL) subsekbid Palang Merah Remaja (PMR) menyelenggarakan kegiatan Seminar Kepalangmerahan. Palang Merah Remaja (PMR) SMK Negeri 2 Depok Sleman adalah satu di antara komponen dalam Palang Merah Indonesia dan merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler di SMK Negeri 2 Depok Sleman yang bergerak di bidang kemanusiaan dan bertujuan untuk membantu sesama, diharapkan juga dapat memberikan bekal pengalaman dan keterampilan bagi siswa dalam bidang organisasi terutama organisasi kepalangmerahan.

Seminar Kepalangmerahan dilaksanakan pada Sabtu, 17 September 2022 bertepatan di Ruang Nakula Sadewa SMK Negeri 2 Depok Sleman. Seminar Kepalangmerahan ini dihadiri dari 20 sekolah yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan 8 Sekbid OSIS SMK Negeri 2 Depok Sleman yang masing-masing sekolah dan sekbid mengirimkan 2 perwakilan untuk menghadiri seminar tersebut. 

Kegiatan ini diselenggarakan untuk melatih rasa tanggung jawab dan membentuk mental para calon anggota Palang Merah Remaja (PMR) agar selalu siap dan sigap dalam menolong orang lain. Selain itu juga mengenalkan Satgas Palang Merah Remaja Stembayo (PMR) ke lingkup luar. 

Dimulai pada pukul 08.00 WIB serangkaian kegiatan seminar ini diawali dengan sambutan oleh Dhamar Ragil sebagai ketua panitia Seminar Kepalangmerahan. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan dibukanya acara tersebut oleh Bapak Drs. Agus Waluyo, M. Eng, selaku Kepala SMK Negeri 2 Depok Sleman. Selanjutnya, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PMI serta dilanjutkan dengan pembacaan 7 Prinsip Dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yang diikuti oleh seluruh peserta seminar. Lalu penyampaian materi pertama yaitu Orientasi Kepalangmerahan disampaikan oleh Bapak Sarjuri selaku narasumber dari PMI Kabupaten Sleman. Di sela-sela materi 1 dan materi 2 terdapat pembuatan mind mapping secara digital yang diikuti oleh 13 kelompok. Masih dengan narasumber yang sama, penyampaian materi kedua tentang Pertolongan Pertama (PP) yang menjelaskan betapa pentingnya pemahaman pertolongan pertama di kalangan pelajar. 

Setelah materi selesai, diadakan sesi tanya jawab dan pembagian hadiah kepada 3 kelompok dengan mind mapping terbaik. Selain itu juga terdapat pembagian doorprize kepada peserta Seminar Kepalangmerahan yang berani untuk maju ke depan. 

Kegiatan Sosialisasi diakhiri dengan pembagian hadiah sekaligus foto bersama peserta Seminar Kepalangmerahan dari berbagai sekolah dan Sekbid Osis SMK Negeri 2 Depok Sleman. Selanjutnya sayonara kegiatan pada pukul 12.00 WIB. “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Seminar Kepalangmerahan yang telah meluangkan waktunya untuk mengahadiri acara ini dan saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia acara yang telah menyiapkan acara ini sehingga acara ini dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita bayangkan,” ujar Dhamar Ragil setelah terlaksananya kegiatan. (Nadila)

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment