WORKSHOP PENGEMBANGAN PROGRAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN DI SMKN 2 DEPOK

By Winarni, S.Pd. 30 Sep 2022, 09:41:29 WIB Pelatihan
WORKSHOP PENGEMBANGAN PROGRAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN DI SMKN 2 DEPOK

Praktik Kerja Lapangan merupakan salah satu program wajib yang diselenggarakan oleh SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), guna memfasilitasi siswa dalam mengaplikasikan & meningkatkan kemampuan produktif sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipelajari. Sebagai upaya penjaminan mutu, sekolah melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin) atau Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan memenuhi 4 (empat) kriteria kualitas prakerin yaitu 1) relevansi kompetensi keahlian siswa dengan jenis IDUKA lokasi prakerin; 2) kesesuaian kompetensi keahlian siswa dengan deskripsi kerjanya selama prakerin; 3) kecukupan waktu prakerin; 4) laporan dan hasil evaluasi prakerin.

SMKN 2 DEPOK menyelenggarakan workshop pengembangan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang diikuti oleh guru-guru Normatif-Adaptif (mata pelajaran umum) dan guru kejuruan guna memberikan arahan terkait pelaksanaan PKL di industri sekaligus sebagai implementasi SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan. Kegiatan yang dilaksanakan pada 27 September 2022 di ruang Nakula Sadewa tersebut juga mengundang perwakilan dari PT. Inamas Sintesis Teknologi (INASTEK) & PT. Gagas Anagata Nusantara, yang telah bekerjasama dengan SMKN 2 Depok dalam penyelenggaraan PKL. Kolaborasi dan komunikasi menjadi penting dilakukan oleh sekolah dan industri untuk mengevaluasi bagaimana proses PKL yang telah berjalan. Selain itu juga, membenahi apa saja yang bisa dilakukan guru untuk membekali siswa agar nantinya menjadi lulusan siap kerja dan berkualitas.  

Hari Bayu, S.T (perwakilan PT. INASTEK) menyampaikan harapan bagi sekolah untuk lebih bekerja keras membentuk softskill atau karakter siswa, terutama dalam 5 hal (kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, kemampuan berpikir & keberanian). Hal tersebut, selaras dengan tujuan PKL yaitu penanaman etos kerja yang tinggi dan pembentukan karakter peserta didik sebelum memasuki dunia kerja yang sebenarnya. (Win)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment