Workshop Penguatan Ekosistem Gerakan Sekolah Menyenangkan di SMK N 2 Depok

By admin 03 Nov 2021, 14:20:28 WIB Pelatihan
Workshop Penguatan Ekosistem Gerakan Sekolah Menyenangkan di SMK N 2 Depok

Gambar : Gerakan Sekolah Menyenangkan


SMK N 2 Depok sebagai Sekolah Pusat Keunggulan menyelenggarakan Workshop Penguatan Ekosistem Gerakan Sekolah Menyenangkan pada 03 November 2021 yang dihadiri oleh Dra. Sri Rahayu, M.Pd., (pengawas dari Baldik Sleman), kepala sekolah beserta staf, pembina OSIS, guru BK, dan guru pengampu kelas 10 Teknik Elektronika. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung terciptanya ekosistem pendidikan yang positif guna menyiapkan lulusan SMK yang berkarakter, sesuai kebutuhan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) merupakan gerakan perubahan akar rumput bersama guru dan masyarakat untuk mentransformasi sekolah menjadi tempat yang ideal bagi siswa. Harapannya, sekolah mampu memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan bakat, passion, penalaran, dan talenta terbaik mereka.

Gerakan ini mempromosikan dan membangun kesadaran guru-guru, kepala sekolah dan pemangku kebijakan pendidikan untuk membangun sekolah sebagai tempat yang menyenangkan untuk belajar ilmu pengetahuan dan bekal keterampilan hidup agar anak-anak bergairah menjadi pembelajar yang sukses dan mandiri. Gerakan ini digagas oleh Muhammad Nur Rizal, Ph.D. dan Novi Poespita Candra, Ph.D., pada bulan September 2014 dan telah mampu meningkatkan kualitas guru serta ekosistem pendidikan di sekolah-sekolah pinggiran.

Dalam mewujudkan sekolah yang menyenangkan bagi siswa, peran guru menjadi sangat penting untuk dapat membangun suasana belajar yang nyaman sehingga siswa tidak merasa terintimidasi atau terkekang saat mengikuti kegiatan belajar mengajar. Ketika siswa sudah merasa nyaman dan aman berada di sekolah, inisiatif untuk belajar hal-hal baru pun akan tumbuh secara organik tanpa paksaan. (Ratri/ Indah)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 8 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment