Setiap tahun di bulan Mei, Juni dan Juli merupakan kesempatan setiap peserta didik baru untuk menentukan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, mulai dari SD ke SMP, SMP ke SMA dan seterusnya. SMK N 2 Depok Sleman sebagai lembaga pendidikan pun juga mengalami siklus tahunan tersebut.

Banyak orang tua atau wali dari peserta didik yang bertanya tentang informasi tentang PPDB, berikut ini beberapa pertanyaan yang sering muncul !

1. Adakah data nilai tahun sebelumnya ?

Data nilai PPDB tahun sebelumnya selalu ditanyakan oleh para peserta didik baru, meskipun data-data nilai tersebut tidak memberikan jaminan untuk diterima. Banyak faktor untuk yang menentukan peserta didik baru diterima, seperti aturan yang digunakan pada tahun itu, rumus atau pola perhitungan nilai akhir, cara perankingan dan yang tak kalah pentingnya adalah animo atau ketertarikan dari peserta didik itu sendiri.

Biar nggak penasaran, data nilai PPDB tahun 2020/2021, silahkan dilihat dibawah ini !

2. Adakah peserta didik perempuan di SMKN 2 Depok Sleman ?

Jangan kuatir buat Ayah atau Bunda yang memiliki putri tapi ingin bersekolah di SMKN 2 Depok Sleman. Meskipun sekolah kami terkenal dengan sebutan STM (Sekolah Teknik Menengah) bukan berarti siswa perempuan tidak bisa bersekolah disini. Ada beragam program keahlian yang dapat dipilih sesuai minat dan bakat peserta didik.

Yuk, kita lihat tabulasi data jenis kelamin di sekolah kita …

3. Apa program keahlian yang paling banyak peminatnya ?

Setiap tahun peminat atau animo pendaftar selalu berubah, sehingga susah untuk disampaikan mana yang paling banyak peminatnya. Tetapi, hal yang harus dipertimbangkan adalah minat dan bakat dari peserta didik yang akan menempuh studi di SMKN 2 Depok Sleman.

Hal yang pasti harus dipahami dan diketahui peserta didik baru, bila memutuskan memilih bersekolah di SMKN 2 Depok Sleman harus bersungguh-sungguh, karena waktu bermain dan waktu senggang akan banyak berkurang akibat dari tuntutan tugas dan aktivitas belajar.

 

4. Apakah harus bebas buta warna ?

Nah, pertanyaan ini juga seringkali muncul dan ditanyakan ke sekolah.

Bebas buta warna, artinya tidak mengalami gangguan penglihatan untuk membedakan warna-warna sekunder atau warna campuran.

Mengingat SMKN 2 Depok Sleman merupakan sekolah teknologi dan rekayasa tentu akan berhubungan dengan mesin, alat dan bahan-bahan yang memungkinkan kecelakaan kerja atau kekeliruan pengambilan keputusan saat bekerja bila nanti sudah lulus.

Misal, peserta didik program keahlian kimia, maka ia akan mengamati perubahan warna larutan atau cairan kimia. Program keahlian TIK, listrik dan elektronika, maka ia akan membedakan gelang warna resistor, warna kabel, warna petunjuk dan pengarah K3. Program keahlian bodi otomotif, maka ia akan membedakan warna cat mobil , warna kabel beserta kelistrikannya. Program keahlian bangunan, maka ia akan membedakan warna cat rumah pada saat mendesain bangunan, desain brosur, pamflet, publikasi bangunan.

 

5. Bagaimana cara mendaftar, apa persyaratannya ?

Untuk mendaftar PPDB dilakukan dengan sistem dalam jaringan (daring) atau online dengan menggunakan Aplikasi Sistem PPDB SMA/SMK yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY, secara serentak di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tata cara, persyaratan dan kuota menunggu Petunjuk Teknis dari Dikpora DIY.

 

6. Melihat sebaran nilai ASPD DIY

Untuk melihat sebaran nilai ASPD SMP/MTS Daerah Istimewa Yogyakarta dapat diunduh disini !

Peserta didik yang dari luar DIY pun juga harus memiliki nilai ASPD, karena nilai ASPD akan dipergunakan dalam Penerimaan Peserta Bidik Baru (PPDB) pada tahun ini.

 

7. Kapan PPDB dilaksanakan ?

PPDB daring DIY tingkat SMA/SMK akan dilakukan pada tanggal 28 Juni hingga 30 Juni.
(kepastian menunggu Petunjuk Teknis dari Dinas Pendidikan Pemudan dan Olahraga, Daerah Istimewa Yogyakarta)

5 7 votes
Rating Artikel
Berbagi
Berlangganan
Pemberitahuan dari
guest
4 Komentar
terlama
terbaru paling disukai
Inline Feedbacks
Tampilkan semua komentar
Abdurahman

Apakah pendaftaran tahun ajaran 2021 sudah buka?

Arianasp

Selamat pagi , kapan pendaftaran smkn ini dimulai, anak saya smpn 2 pakem hargobinangun.