Tahun Pelajaran 2021 / 2022 SMK Negeri 2 Depok (STM Pembangunan) Sleman Yogyakarta menerima Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru (PPDB) Kelas 10 dengan ketentuan :

I.   KETENTUAN UMUM

  1. Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dilakukan dengan proses memasukkan data ke dalam sistem basis data (database), seleksi dan hasil seleksi otomatis oleh komputer yang selanjutnya disebut PPDB Online melalui laman http://ppdb.jogjaprov.go.id
  2. Nilai Gabungan adalah jumlah rata-rata nilai hasil penghitungan rapor mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA dari peserta didik SMP/MTs semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) diberikan bobot 40% (empat puluh persen), ditambah jumlah nilai asesmen standarisasi pendidikan daerah diberikan bobot 50% (lima puluh persen) ditambah nilai akreditasi sekolah dikalikan 4 (empat) diberikan bobot 10% (sepuluh persen).

Nilai Gabungan = (N.Raport x 40%) + (Jml.N.ASPD x 50%) + ((N. Akreditasi Sekolah x 4) x 10%)

Keterangan :
Nilai Raport, nilai rata-rata Bhs Indonesia, Matematika, Bhs Inggris, IPA pada sem 1 s.d. 5.
Jumlah Nilai ASPD, sesuai nilai asesmen standarisasi pendidikan daerah .
Nilai Akreditasi Sekolah, sesuai tabel nilai akreditasi sekolah.

  1. Penerimaan calon peserta didik dilakukan melalui 4 (empat) jalur :
    a. Jalur Zonasi, dengan kuota sebesar 55% (lima puluh lima persen) dari daya tampung sekolah.
    b. Jalur Afirmasi, dengan kuota sebesar 20% (dua puluh persen) dari daya tampung sekolah
    c. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali, dgn kuota sebesar 5% (lima persen) dari daya tampung sekolah;
    d. Jalur Prestasi, dengan kuota sebesar 20% (dua puluh persen) dari daya tampung sekolah;
  1. Jalur Zonasi, untuk SMK Negeri diatur sesuai dengan ketentuan Peraturan Gubernur Nomor 45 Tahun 2021:

a. SMK Negeri terbagi menjadi dua zonasi :
1).  Zona 1,  calon peserta didik yang berdomisili di seluruh Kelurahan/Desa di DIY;
2).  Zona 2,  calon peserta didik yang berdomisili di luar DIY;

b. Penentuan Zonasi didasarkan pada wilayah administrasi kelurahan/desa dengan mempertimbangkan populasi lulusan SMP/MTs/bentuk lain yang sederajat;
c. Domisili calon peserta didik sesuai Zonasi ditentukan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) calon peserta didik yang tercantum dalam Kartu Keluarga (KK) orangtua/wali;
d. Domisili calon peserta didik berdasarkan alamat pada Kartu Keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum pendaftaran PPDB;
f. Khusus bagi calon peserta didik baru dari SMP/MTs atau sederajat yang berasal dari luar DIY dan lulusan sebelum tahun 2021 yang akan memilih Jalur Zonasi terlebih dahulu mengikuti Asesmen Standarisasi yang diselenggarakan oleh Dinas.

  1. Jalur Afirmasi, diperuntukan calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu, dengan ketentuan :
    a. Hanya dapat memilih sekolah di zona 1 (satu) di SMAN atau SMKN yang dituju;
    b. Bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu yang dikeluarkan oleh Dinas Sosial Kabupaten/Kota digunakan untuk mendapatkan rekomendasi dari Balai Pendidikan Menengah Kabupaten/Kota;
    c. Proses pengurusan rekomendasi dan entri bukti dari keluarga tidak mampu diatur dilaksanakan secara daring/online melalui laman http://verifikasi-ppdb.jogjaprov.go.id
    d. Khusus bagi calon peserta didik baru dari SMP/MTs atau sederajat lulusan luar DIY dan dalam DIY sebelum tahun 2021 yang akan memilih Jalur Afirmasi terlebih dahulu mengikuti Asesmen Standarisasi yang diselenggarakan oleh Dinas.
  2. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali, diperuntukkan bagi calon peserta didik yang mengikuti perpindahan tugas orang tua/wali dari luar DIY ke dalam DIY, dan perpindahan tugas orang tua/wali antar kabupaten/kota dalam DIY yang diikuti perpindahan domisili orang tua/wali, dibuktikan dengan perpindahan Kartu Keluarga (KK), dengan ketentuan :
    a. Perpindahan tugas orang tua/wali dibuktikan dengan surat/keputusan perpindahan tugas dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan, paling lama 4 (empat) tahun terakhir sebelum pelaksanaan PPDB;
    b. Calon peserta didik baru yang menggunakan jalur perpindahan tugas orang tua/wali hanya dapat dilakukan apabila Kartu Keluarga (KK) orang tua/wali tersebut adalah Kartu Keluarga (KK) dari luar DIY;
    c. Proses pengurusan rekomendasi dan entri bukti jalur perpindahan tugas orang tua/wali, diatur dilaksanakan secara daring/online melalui laman http://verifikasi-ppdb.jogjaprov.go.id
    d. Khusus bagi calon peserta didik baru lulusan SMP/MTs atau sederajat yang berasal dari dalam DIY sebelum tahun 2021 dan lulusan luar DIY yang akan memilih Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali terlebih dahulu mengikuti Asesmen Standarisasi yang diselenggarakan oleh Dinas.
  3. Jalur Prestasi, diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki prestasi non akademik, dengan ketentuan sebagai berikut :
    a. Berdomisili di Zona 1 (satu) dan Zona 2 (dua);
    b. Memiliki nilai gabungan paling sedikit 320 (tiga ratus dua puluh);
    c. Calon peserta didik yang memilih jalur prestasi tidak dapat menggunakan pilihan sekolah pada jalur lainnya;
    d. Penambahan nilai yang diperhitungkan dalam seleksi PPDB daring/online, setelah mendapatkan surat keterangan penambahan nilai dari Panitia DIY;
    e. Penambahan nilai Prestasi Non Akademik dilaksanakan secara daring/online melalui laman http://verifikasi-ppdb. jogjaprov.go.id;
    f. Khusus bagi calon peserta didik baru lulusan SMP/MTs atau sederajat yang berasal dari dalam DIY sebelum tahun 2021 dan lulusan luar DIY yang akan memilih jalur prestasi terlebih dahulu mengikuti Asesmen Standarisasi yang diselenggarakan oleh Dinas;

II.   SYARAT PENDAFTARAN

  1. Telah lulus SMP/MTs/Program paket B dan memiliki ijazah/STTB/SKYBS SMP/bentuk lain yang sederajat;
  2. Usia setinggi-tingginya 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli 2021 dan belum menikah;
  3. Memiliki nilai Raport jenjang SMP/MTs semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima);
  4. Memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Surat Keterangan Lulus (SKL) dari sekolah yang mencantumkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
  5. Memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan spesifik program studi/kompetensi keahlian di satuan Pendidikan yang dipilih;

III.  TATA CARA PENDAFTARAN

Pendaftaran PPDB daring/online dimulai dengan cara, calon peserta didik :

  1. Melakukan pengajuan akun secara daring/online di laman http://ppdb.jogjaprov.go.id dan menggunggah berkas sebagai berikut:
  2. Penduduk dalam DIY:
    a. Ijazah SMP/MTs/Paket B/Wustha;
    b. Kartu Keluarga (KK).
  3. Penduduk luar DIY:
    a. Ijazah SMP/MTs/Paket B/Wustha;
    b. Kartu Keluarga (KK);
    c. Rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) SMP/MTS/Paket B/Wustha;
    d. Surat Rekomendasi Jalur Afirmasi (khusus penduduk DIY lulusan luar DIY) dan/atau Surat Rekomendasi Penambahan Prestasi Non Akademik (khusus bagi yang memiliki) dan/atau Surat Rekomendasi Perpindahan Tugas Orangtua/Wali (khusus bagi yang akan menggunakan jalur perpindahan orangtua/wali).Jika sampai batas waktu dimulainya pengambilan token, persyaratan Ijazah SMP/MTs/Paket B/Wustha belum dimiliki calon peserta didik, maka dapat digantikan dengan Surat Keterangan Lulus dari sekolah yang mencantumkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);

4. Menunggu panitia memverifikasi berkas pengajuan akun. Calon peserta didik secara rutin memantau telah aktif/tidaknya TOKEN pada pengajuan akun masing-masing.
5. Melakukan aktivasi akun setelah diverifikasi oleh panitia, dan membuat password baru.
6. Melakukan “Login” menggunakan akun NISN dan password yang telah dibuat sebelumnya.
7. Melakukan pilihan kompetensi keahlian untuk SMKN;
8. Mengisi formulir Pendaftaran daring/online;
9. Mencetak “Tanda Bukti Pendaftaran Daring/Online” yang memuat nomor pendaftaran;
10. Melihat/memantau hasil seleksi dan pengumuman di laman PPDB Online secara periodik.

IV. TATA CARA SELEKSI

  1. Jalur Zonasi, penentuan urutan seleksi didasarkan pada:
    a. Zonasi sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) calon peserta didik;
    b. Nilai gabungan;
    c. Prioritas pilihan kompetensi keahlian;
    d. Pendaftar lebih awal.

Dalam hal sekolah memiliki jumlah calon peserta didik yang melebihi daya tampung berdasarkan hasil seleksi PPDB daring/online, maka akan disalurkan ke sekolah lain yang belum terpenuhi daya tampungnya dalam Zonasi terdekat dari kelurahan/desa calon peserta didik.

  1. Jalur Afirmasi, penentuan urutan seleksi didasarkan pada:
    a. Zonasi sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) calon peserta didik;
    b. Nilai gabungan;
    c. Prioritas pilihan kompetensi keahlian;
    d. Pendaftar lebih awal.

Apabila kuota jalur afirmasi tidak terpenuhi setelah penyaluran calon peserta didik jalur afirmasi dari zona terdekat maka sisa kuota akan dialihkan ke jalur prestasi.

  1. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali, penentuan urutan seleksi didasarkan pada:
    a. Nilai gabungan;
    b. Prioritas pilihan kompetensi keahlian;
    c. Pendaftar lebih awal.

Apabila jalur perpindahan tugas orang tua/wali tidak terpenuhi maka sisa kuota akan dialihkan ke jalur prestasi.

  1. Jalur Prestasi, penentuan urutan seleksi didasarkan pada:
    a. Nilai gabungan ditambah prestasi di bidang non akademik;
    b. Prioritas pilihan kompetensi keahlian;
    c. Pendaftar lebih awal.

Apabila kuota jalur prestasi tidak terpenuhi maka sisa kuota akan dialihkan ke jalur zonasi.

V.  JUMLAH PESERTA DIDIK YANG DITERIMA

NoJurusan/ Program KeahlianLama
Pendidikan
Jumlah
Rombel
Jumlah
Siswa
1Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan4 Tahun136
2Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan3 Tahun136
3Teknik Otomasi Industri4 Tahun272
4Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur4 Tahun272
5Kimia Industri3 Tahun272
6Kimia Analisis4 Tahun272
7Teknik dan Manajemen Perawatan Otomotif4 Tahun272
8Teknik Bodi Otomotif3 Tahun136
9Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi4 Tahun272
10Geologi Pertambangan4 Tahun272
11Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi4 Tahun272
Jumlah19684

VI. PEMILIHAN SEKOLAH, PAKET KEAHLIAN DAN JALUR

  1. Calon peserta didik baru dapat melakukan pilihan maksimal 3 (tiga) kompetensi keahlian, bisa dalam 1 (satu) sekolah atau sekolah berbeda sesuai dengan daya tampung yang tersedia di masing-masing sekolah;
  2. Calon peserta didik baru dapat melakukan perubahan pilihan kompetensi keahlian/sekolah atau perubahan jalur sampai tanggal 29 Juni 2021 pukul 23.59 WIB;
  3. Seleksi calon peserta didik dengan mempertimbangkan nilai gabungan;
  4. Selain mempertimbangkan nilai gabungan proses seleksi dilakukan dengan mempertimbangkan hasil tes bakat dan minat sesuai dengan bidang keahlian yang dipilihnya;
  5. Pilihan 1, 2 dan 3 dapat dalam jalur yang sama, dikecualikan calon peserta didik dari anak guru yang mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua dengan syarat dan ketentuan yang berlaku;
  6. Calon peserta didik dapat melakukan 1 (satu) kali perubahan pilihan jenis sekolah SMA ke SMK atau sebaliknya, sampai tanggal 29 Juni 2021 pukul 23.59 WIB.

VII.JADWAL PELAKSANAAN

 

NoKegiatanTanggalKeterangan
1Verifikasi berkas dan pengambilan PIN/TOKENSenin s.d Kamis,

21 s.d. 24 Juni 2021

Dilaksanakan secara daring/online di laman http://ppdb.jogjaprov.go.id
2Pendaftaran dan pemilihan program keahlian/jurusanSenin s.d. Rabu,

28 s.d. 30 Juni 2021

Dilaksanakan secara daring/online di laman http://ppdb.jogjaprov.go.id
3SeleksiSenin s.d. Kamis,

28 Juni s.d. 1 Juli 2021

Seleksi oleh sistem
4PengumumanJumat, 2 Juli 2021Pukul 10.00 WIB di sekolah masing-masing
5Daftar UlangJumat, Senin,

Selasa, dan Rabu,

2, 5, 6, dan 7 Juli 2021

Jumat pukul 10.00 – 14.00 WIB

Hari lain pukul 08.00 – 14.30 WIB di sekolah masing-masing

VIII.BIAYA PENDAFTARAN

Biaya pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dibebankan pada sekolah tahun anggaran 2021, sehingga calon peserta didik baru selama proses penerimaan TIDAK DIPUNGUT BIAYA.

IX. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI DAN PENCATATAN KEMBALI

  1. Calon peserta didik baru yang dinyatakan diterima wajib mencatatkan kembali/daftar ulang di sekolah yang dituju dengan membawa/menyerahkan dan berkas-berkas sebagai berikut :

a. Tanda Bukti Pendaftaran PPDB, asli;             1 lembar
b. Ijazah/STTB, asli;                                               1 lembar
c. Fotocopy ijazah legalisir;                                   4 lembar

Apabila Ijazah/STTB/SKYBS belum ada, maka dapat digantikan Surat Pernyataan dari Kepala Sekolah SMP/MTs/Paket B/Wusta yang menyatakan bahwa Ijazah belum terbit dan digantikan dengan Surat Keterangan Pengganti Ijazah, asli;

c. Fotocopy rapor SMP/MTs/Paket B/Wustha semester 1 s.d. 5;                1 lembar
d. Fotocopy Akta Kelahiran;                         1 lembar
e. Fotocopy Kartu Keluarga (KK);             1 lembar
f. Fotocopy Surat Keterangan Tidak Mampu/PIP/PKH/KKS/dsb, ( bila ada );                2 lembar
g. Pas photo hitam putih ukuran 3 x 4;                                                                         4 lembar

Berkas disediakan sekolah :

  1. Formulir daftar ulang;
  2. Surat Pernyataan orang tua/wali yang berkaitan dengan keaslian dokumen;
  3. Surat Pernyataan peserta didik dan orang tua/wali mematuhi seluruh tata tertib sekolah dan bersedia diproses sesuai dengan tata tertib sekolah;
  4. Persyaratan pendaftaran calon peserta didik yang belum diserahkan pada waktu pendaftaran, diserahkan pada waktu daftar ulang.
  5. Bila tidak mendaftarkan kembali dalam waktu yang ditentukan yang bersangkutan dinyatakan mengundurkan diri;
  6. Calon peserta didik yang lolos seleksi WAJIB HADIR dan masuk hari pertama tahun ajaran 2021/2022, tanggal 12 Juli 2021 di SMK Negeri 2 Depok Sleman, untuk teknis kedatangan dan/atau penjadwalan akan diatur kemudian.

X. KETENTUAN TAMBAHAN

Ketentuan tersebut diatas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan Panitia DIY.

 

Sleman, 10 Juni 2021

Kepala Sekolah,

ttd.

Drs. AGUS WALUYO, M.Eng.
Pembina IV/a
NIP. 19651227 199412 1 002


Untuk mendapatkan File Pengumuman PPDB TA 2021-2022 SMKN 2 Depok Sleman, klik disini !

0 0 votes
Rating Artikel
Berbagi
Berlangganan
Pemberitahuan dari
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Tampilkan semua komentar