Cara Mendaftar Ulang Peserta Didik Baru Tahun 2020-2021

PENJELASAN UMUM

Rangkaian kegiatan peserta didik baru dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020-2021, tinggal beberapa tahap lagi. Tahapan yang harus dilalui saat ini adalah Pengumuman Calon Peserta Didik yang diterima di SMK N 2 Depok Sleman.

Pengumuman calon peserta didik yang diterima akan diberitahukan atau diumumkan pada hari Jum’at, 3 Juli 2020 pukul 10:00 WIB, melalui dalam jaringan (online) dan luar jaringan (offline). Pengumuman secara daring diberitahukan melalui laman resmi PPDB Dikpora DIY di alamat https://ppdb.jogjaprov.go.id dan laman resmi sekolah di alamat https://smkn2depoksleman.sch.id  atau laman ini, sedangkan untuk pengumuman luring diberitahukan melalui papan pengumuman sekolah.

DAFTAR ULANG

Langkah-langkah memulai daftar ulang peserta didik baru setelah dinyatakan diterima :

1. Membuka laman https://smkn2depoksleman.sch.id

2. Cari menu Daftar Ulang, perhatikan gambar dibawah !

3. Tunggu beberapa saat untuk masuk ke menu Daftar Ulang PPDB dan cermati nama calon peserta didik masuk dalam daftar siswa diterima  atau tidak, seperti tampak pada gambar dibawah ini :

4. Setelah ditemukan nama peserta didik dan dinyatakan diterima catat Nomor Urut dalam daftar diterima ! Terus klik tombol Selanjutnya.

5. Maka akan tertampil menu penjelasan umum dan berkas-berkas yang disediakan oleh Panitia Sekolah guna kelengkapan mendaftar ulang. Seperti tertampil dibawah ini !

6. Pada menu Format Berkas Daftar Ulang klik tombol Unduh untuk mendapatkan format kelengkapan berkas daftar ulang (PDF) dan pastikan semua berkas dapat diunduh dengan baik. Seperti pada gambar di bawah ini !

7. Setelah selesai mengunduh Cetak file PDF  dan persiapkan untuk diisi sesuai kebutuhan !

8. Selanjutnya klik tombol Selanjutnya (pada kanan bawah). perhatikan gambar dibawah !

9. Berikutnya akan tertampil menu Pengisian Biodata Peserta Didik Baru. Pilih menu Program Keahlian dan Nomor Urut dari daftar diterima, terus klik tombol selanjutnya.

10. Isilah biodata secara benar sesuai dengan kebutuhan data yang ad dalam menu daftar ulang.

11. Klik tombol Selanjutnya untuk melanjutkan pada menu berikutnya.

12. Setelah memastikan semua data terisi dengan lengkap dan benar, pada lembar persetujuan contreng SETUJU untuk menyatakan bahwa data yang diberikan benar, kemudian klik tombol KIRIM DAN SELESAI untuk mengirim data.  Seperti tertampil pada gambar dibawah ini !

13. Menu berikut adalah Pernyataan Kesanggupan Hadir Dalam Rapat Komite Sekolah (seperti terlihat dibawah). Isilah sesuai dengan identitas orang tua/wali dan kesediaan untuk hadir dalam pertemuan sesuai jadwal yang telah diberikan pada undangan rapat komite sekolah (lembar C1), kemudian klik Kirim.

14. Apabila berhasil dalam proses pengisian biodata daftar ulang, maka calon peserta didik akan mendapatkan pesan telah diterima sebagai PESERTA DIDIK BARU Tahun Ajaran 2020-2021. Seperti terlihat dibawah ini !

PENGUMPULAN BERKAS

1. Setelah mengunduh dan mencetak kelengkapan berkas dari laman ini, mulai lakukan penataan berkas-berkas daftar ulang yang nanti akan dikumpulkan ke sekolah.

2. Proses pencatatan kembali (daftar ulang) dilakukan dengan mempersiapkan berkas-berkas keperluan daftar ulang, sesuai dengan daftar berkas (ceklist) yang diberikan pada menu unduhan dokumen sebelum pengisian biodata.

CATATAN : Apabila Ijazah / STTB belum selesai atau dalam proses dapat digantikan dengan surat keterangan dalam proses yang dikeluarkan oleh SMP/MTs. ( / jo : Juknis PPDB Dikmensus DIY 2020, pasal 14)

3. Pada lembar Form A1, pilihlah jurusan sesuai tempat diterima kemudian gunting sesuai kebutuhan. Pada Form A2,  gunting lembar ceklist, seperti tampak pada gambar dibawah ini !

4. Berikutnya tempelkan guntingan Form A1 pada pojok kanan atas dan beri nomor urut sesuai dengan nomor yang tertera pada daftar urutan siswa diterima !

5. Tempelkan guntingan Form A2 pada bagian tengah amplop. Perhatikan gambar dibawah ini !

6. Masukkan berkas-berkas daftar ulang sesuai dengan urutan berkas yang telah ditentukan !

7. Datang ke sekolah dan kumpulkan berkas daftar ulang dalam amplop tertutup.

8. Pengumpulan berkas daftar ulang peserta didik diatur sesuai jadwal sebagai berikut :

jadwal_DU

9. Pastikan datang ke sekolah sesuai jadwal yang ditetapkan !

10. Pastikan menerima BUKTI PENERIMAAN BERKAS dari panitia PPDB SMKN 2 Depok Sleman DIY.

86 Replies to “Cara Mendaftar Ulang Peserta Didik Baru Tahun 2020-2021”

  1. Mohon info, untuk surat keterangan STTB dalam proses dikumpulkan yg asli atau cukup fotocopy?, dan untuk berkas SKHUN krn tidak ada UN maka dianggap tidak ada ya min?. Terimakasih

  2. Selamat pagi admin. Izin bertanya, jadi form pendaftaran milik saya jika diprint pada kertas A4 akan menjadi 2 halaman tapi bisa jadi 1 halaman pada kertas F4. Pada saat pengumpulan berkas besok baiknya bagaimana ya? Di A4 tetapi 2 lembar (bagian tanda tangan terpotong) atau menggunakan kertas F4 saja agar satu halaman? Terimakasih.

    1. Fotokopi STTB atau Ijazah yang dilegalisir sebanyak 4 lembar. Bila di ijazah dalam proses dapat digantikan surat keterangan dalam proses dari sekolah SMP/Mts.

  3. Jika ada kesalahan tulis 1digit NISN pada surat rekomendasi calon peserta didik dari keluarga tidak mampu bagaimana nggih? Semua berkas lain sudah benar NISN nya hanya salah di surat KTMnya saja

  4. Saat pendaftaran ulang online ada menu nomor seri ijazah. nah padahal dari sekolahan sampai saat ini belum mengeluarkan ijazah tersebut, bagaimana mengisi nomor seri ijazah tersebut?

  5. Utk surat bebas buta warna apa harus disertakan di pengumpulan berkas min?di cheklist tertulis (bila ada). Terima kasih

  6. Pagi min… Maaf kemarin tgl 6-7-2020 udah daftar ulang online dan serahkan berkas dpt tanda bukti.. Tapi di rekapitulasi tgl kok belum tercantum namanya…

  7. min, kalau kemarin udah coba daftar ulang online, tapi di datanya nggak ada, terus tadi udah nyoba lagi, tapi kok tetep nggak masuk di data ya? terimakasih sebelumnya

    1. Pendaftaran dilakukan secara daring (online) melalui laman (web) yang disediakan dan dikelola oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga DIY. Untuk pendaftar dari luar DIY, sebaiknya mencermati dan memperhatikan syarat serta ketentuan yang berlaku. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *