Jangan Takut Sekolah

biaya_pendidikan

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh setiap sekolah Negeri atau pun Swasta. Rangkaian proses penerimaan dimulai dari pendaftaran, seleksi, pengumuman hasil seleksi dan diakhiri dengan pencatatan kembali atau lebih dikenal dengan Daftar Ulang.

Seringkali orang tua/wali ketakutan mendengar isu tentang besarnya biaya pendaftaran saat akan menyekolahkan putra/putrinya. Perlu diketahui bahwa selama proses PPDB berlangsung tidak dipungut biaya atau GRATIS.

Berbicara tentang Biaya Pendidikan selama menempuh studi di sekolah yang diinginkan tentu hal yang perlu perhatian bagi semua orang tua/wali. Biaya pendidikan merupakan tanggungjawab bersama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Masyarakat. Masyarakat yang dimaksud adalah penyelenggara atau satuan pendidikan yang didirikan oleh masyarakat, peserta didik, orang tua atau wali peserta didik atau pihak lain yang mempunyai perhatian dan peranan dalam bidang pendidikan (Pasal 2 PP 48/2008 tentang Pendanaan Pendidikan).

Melalui sistem gotong royong yang digunakan, pada hakikatnya masyarakat juga memiliki tanggung jawab yang sama dalam pendanaan pendidikan. Namun dalam pengelolaannya terdapat syarat dan ketentuan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Setelah rangkaian proses penerimaan siswa baru berakhir, para orang tua/wali peserta didik baru akan diundang oleh Komite sekolah guna menentukan besaran sumbangan pendidikan yang akan direalisasikan pada periode berjalan. Besaran sumbangan yang ditetapkan setiap tahun memiliki angka yang berbeda-beda karena besaran tersebut didasarkan pada rencana kerja komite sekolah dan kesepakatan dengan orang tua/wali melalui rapat KOMITE BERDASARKAN MUSYAWARAH awal tahun pelajaran. Besaran sumbangan pendidikan yang telah ditetapkan diharapkan dapat digunakan untuk merealisasikan rencana tahunan yang telah disusun oleh komite sekolah.

Biaya lain bagi peserta didik baru adalah seragam sekolah. Biaya seragam sekolah tidak termasuk dalam sumbangan yang masuk dalam perhitungan rencana kerja komite. Besaran biaya seragam sekolah ditentukan oleh pihak ketiga (penyedia seragam sekolah), bukan oleh satuan pendidikan.

Jangan takut bersekolah, wujudkan cita-cita kamu bersama kami !

4.5 4 votes
Rating Artikel
Berlangganan
Pemberitahuan dari
guest
4 Komentar
terlama
terbaru paling disukai
Inline Feedbacks
Tampilkan semua komentar
Pandu

Min berapa ya kira2 biaya untuk daftar ulang siswa baru

Pandu

Kalau boleh tahu yg tahun 2019 berapa?apa srtiap jurusan sama besarnya sumbangan