Panduan Calon Peserta Didik Dalam Pendaftaran PPDB 2020-2021

Dampak pandemik Corona Virus Tahun 2019 atau dikenal COVID-19 memiliki yang luas dalam semua sendi kehidupan sosial dan bermasyarakat termasuk juga dalam bidang pendidikan. Salah satu rutinitas di tahun ajaran baru adalah pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

PPDB Tahun Ajaran 2020-2021 memiliki pola yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan penerimaan dilakukan secara tatap muka antara panitia sekolah dengan calon peserta didik baru. Di tahun sebelumnya semua rasa ingin tahu dapat langsung ditanyakan ke panitia PPDB dan langsung mendapatkan respon sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan.

Mimin, ingin berbagi informasi tentang hal-hal yang sering ditanyakan para peserta didik baru :

1. Data PPDB Tahun-Tahun Sebelumnya

tabulasi_ppdb_2018-2019

tabulasi_2019-2020

PPDB tahun-tahun sebelumnya banyak ditanyakan para calon peserta didik baru dan orang tua/wali. Perlu diketahui bahwa data-data tersebut diolah dari nilai UN dengan seleksi yang berbeda.

2. Sebaran Nilai SMP Tahun 2020-2021

Informasi yang terkini sangat diperlukan dalam penerimaan peserta didik baru tahun 2020-2021, karena itu akan menentukan langkah atau strategi dalam menentukan pilihan sekolah atau jurusan. Salah satu informasi yang perlu menjadi pertimbangan adalah sebaran nilai SMP.  Mari kita lihat dibawah ini :

3. Panduan Peserta Didik Baru

Nah yang paling penting adalah panduan peserta didik baru dalam mendaftarkan diri dalam sistem PPDB Tahun Ajaran 2020-2021. Dalam panduan tersebut dijelaskan langkah per langkah dalam mendaftarkan diri melalui sistem PPDB daring SMA/SMK, yuk Unduh Panduannya !

 

4. Alur dan Jadwal Kegiatan PPDB

Selain beberapa hal tersebut diatas, calon peserta didik baru dan orang tua/wali juga harus selalu mencermati alur dan tanggal penting rangkaian kegiatan penerimaan peserta didik baru. Yuk, simak infografis berikut !

poster_ppdb

Semoga bermanfaat bagi calon peserta didik baru dan dapat diterima di sekolah yang dikehendaki.

28 Replies to “Panduan Calon Peserta Didik Dalam Pendaftaran PPDB 2020-2021”

    1. Maaf, tim korektor itu terdiri dari seluruh operator SMA/SMK di wilayah DIY, sehingga tidak tahu calon siswa satu persatu. Sangat mungkin sudah dikoreksi oleh operator dari sekolah lain. Mohon dicek, mungkin sudah diverivikasi atau terdapat hal yang harus dikoreksi.

  1. Mbak Zen kan aku tanggal 2-5 Juni kamarean kan daftar dan syarat nya suruh kirim KK sama SKL la itu sudah tak kirim lalu besok e tanggal 8 aku kan mau isi input calon lulusan luar DIY la pas mau bukak aplikasi verifikasi dokumen dan input data enggak bisa padahal username sama password

    1. USM = Ujian Sekolah/Madrasah. SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional), untuk sekolah pada jenjang SD tidak ada Ujian Nasional, tetapi ada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), yang kadang disebut USM.

  2. La saya mau isi ulang input data calon lulusan luar DIY waktu tanggal 8 saya masuk aplikasinya saja gak bisa padahal password dan username saya sudah benar gimana terus ini?apa kira kira ada tahap ke 2

  3. La saya aja mengajukan akun di tolak karena data siswa belum terisi anda harus verivikasi akun di balai dikmen sedang kan saya telfon balai dikmen nya tidak bisa apalagi kantor dikpora nya

  4. Bpk/Ibu admin izin bertanya persyaratan apa sajakah yang dibutuhkan pada saat daftar ulang?.seperti ukuran foto,warna begrond foto,warna stopmap,dll

  5. Selamat pagi,
    Mohon informasinya terkait dengan calon siswa berasal dari luar DIY
    prosedur administrasi apa saja yang harus kami persiapkan untuk mendaftarkan
    calon siswa dari luar daerah DIY?
    kiranya dapat di infokan secara detail dan jelas kelengkapan berkas administrasi
    yang diperlukan untuk proses pendaftaran siswa baru di SMKN 2 Depok (Sekolah Teknologi Pembangunan)
    Demikian disampaikan, atas bantuan dan informasi yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

    regards,
    Desi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *