Protokol Kesehatan Bagi Siswa Pulang PKL

Pembelajaran di luar kelas bagi siswa SMK N 2 Depok Sleman yang melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) diberlakukan protokol kesehatan untuk menghindari pensebaran Corona Virus Disease 2019 atau yang dikenal dengan CoViD-19. Proses kepulangan siswa dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta dipersiapkan beberapa hari sebelumnya dengan berbagai pihak terkait yang berkompeten sesuai dengan kewenangan masing-masing. Sehari jelang kepulangan Kepala Sekolah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Puskesmas Depok III, Kepolisian Resort Depok Barat, Kelurahan Caturtunggal, Padukuhan Mrican, Padukuhan Santren dan seluruh warga sekolah.
Selain proses di tujuan (sekolah), persiapan juga dilakukan di titik keberangkatan dengan melakukan proses sterilisasi dan penyemprotan secara menyeluruh disinfektan pada armada bus yang akan dipergunakan sebagai moda transportasi kepulangan. Koordinasi juga dilakukan pada mitra industri dan petugas kesehatan terkait guna memastikan siswa dalam keadaaan sehat atau NEGATIF dari dampak CoViD-19.
Dari 56 siswa yang pulang dari luar daerah tersebut, berdasarkan data sekolah para siswa mayoritas berdomisili di wilayah kabupaten Sleman dan beberapa dari wilayah Kabupaten Klaten. Data-data siswa tersebut telah dikoordinasikan dengan Puskemas dimana siswa tersebut bertempat tinggal.
Auditorium (R. Bima) sebagai tempat pertama kali siswa datang dilakukan sterilisasi dari aktivitas kegiatan lain dan dikondisikan steril dengan memberikan disinfektan. Prosedur ketat pun juga dilakukan dengan melibatkan para petugas kesehatan, mulai dari sterilisasi moda transportasi  yang digunakan, kemudian pengantian masker baru sampai dengan pengecekan kesehatan setiap siswa, dan penjelasan teknis untuk tetap memberikan informasi tentang kesehatan masing-masing siswa, karena status siswa adalah Orang Dalam Pengawasan (ODP).
Setelah cek kesehatan yang dilakukan oleh petugas kesehatan, siswa diberikan surat keterangan yang menunjukkan informasi bahwa siswa dalam keadaan sehat atau negatif, maka siswa diperkenankan untuk menghubungi orang tua/wali untuk pulang ke rumah masing-masing dan tetap harus melakukan isolasi diri serta pemantuan kesehatan secara mandiri.
 
5 2 votes
Rating Artikel
Berbagi
Berlangganan
Pemberitahuan dari
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Tampilkan semua komentar